Bukan Paracetamol! Ini 8 Bahan Alami untuk Bikin Daging Empuk

Selasa, 21 November 2023 - 09:21 WIB
loading...
Bukan Paracetamol! Ini 8 Bahan Alami untuk Bikin Daging Empuk
Viral di TikTok belum lama ini seseorang memasak daging menggunakan paracetamol. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Viral di TikTok belum lama ini seseorang memasak daging menggunakan paracetamol. Dalam video yang diunggah akun @anggiiewijayanti, penggunaan paracetamol ini konon katanya bisa membuat daging terasa empuk.

Walaupun pada kenyataannya hal tersebut berhasil membuat daging terasa lebih empuk, namun tidak boleh menggunakan paracetamol untuk mengempukkan daging. Sebab, cara tersebut justru bisa membahayakan tubuh.

“Saat suhu tinggi (saat memasak), paracetamol (asetaminofen) kehilangan sifat obat penghilang rasa sakitnya dan berubah menjadi 4-aminofenol. Ini adalah produk asam dan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan hati serta ginjal yang fatal dalam beberapa hari,” kata Hilda Siewe selaku dokter farmasi, dikutip dari laman Hilpharma, Selasa (21/11/2023).



Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, gunakanlah bahan alami yang aman untuk membuat daging jadi empuk, seperti berikut ini.

1. Teh

Teh mengandung tanin yang merupakan pelunak alami. Cara mengaplikasikannya yakni dengan membuat 1-2 cangkir teh hitam kental. Kemudian diamkan hingga teh dingin. Lalu masukkan cairan teh tersebut ke dalam wadah dagin. Diamkan selama 24 jam. Semakin lama Anda membiarkan daging direndam, dagingnya akan semakin empuk.

2. Kopi

Kopi juga termasuk bahan alami untuk mengempukkan daging. Sebab, kopi mengandung tanin, zat untuk melunakkan daging secara alami. Selain itu, kopi juga mampu memberikan cita rasa pada daging.

Untuk marinasi daging menggunakan kopi sangatlah mudah. Pertama, seduh kopi kental. Kemudian campurkan kopi dengan daging dan diamkan selama 24 jam.

3. Nanas, Pepaya, Kiwi

Nanas, pepaya, dan kiwi mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah serat otot yang keras pada daging. Cara mengaplikasikan buah-buahan ini pada daging sangat mudah. Anda hanya perlu mengiris tipis-tipis buah tersebut. Lalu susun irisan buah itu di atas daging.


4. Jahe

Jahe adalah bahan umum dalam bumbu marinasi karena rasa pedasnya yang unik. Selain itu, jahe mengandung enzim 'proteolitik' yang secara alami mampu memecah protein daging.

Untuk membuat bumbu marinasi menggunakan jahe, pertama-tama tumbuk jahe tersebut sampai halus. Kemudian oleskan pada permukaan daging sapi dan diamkan selama 2 jam.

5. Buttermilk dan Yoghurt

Buttermilk dan yoghurt bersifat asam serta mengandung kalsium yang mengaktifkan enzim di dalam daging. Hal ini membantu memecah protein dalam daging sehingga terasa lebih empuk.

Cara penggunaan buttermilk dan yoghurt sangat mudah, yakni dengan merendam bahan tersebut dalam daging selama beberapa jam. Kemudian bilas, lalu masak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)