5 Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes, Nggak Melulu soal Jenis Lauk

Selasa, 21 November 2023 - 13:40 WIB
loading...
5 Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes, Nggak Melulu soal Jenis Lauk
Pola makan sehat untuk penderita diabetes nggak melulu soal jenis makanan, juga mengatur porsi hingga pola makan yang baik. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Pola makan sehat untuk penderita diabetes nggak melulu soal jenis makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari, tapi bagaimana Anda bisa mengatur porsi hingga pola makan yang baik.

Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah yang meningkat. Hal ini umumnya terjadi akibat sering mengonsumsi makanan tinggi gula, atau bisa terjadi karena garis keturunan. Sebab, diabetes termasuk ke dalam penyakit degeneratif.

Lalu, seperti apa pola makan yang aman dan sehat untuk penderita diabetes? Berikut ulasannya.
Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

1. Konsumsi Makanan Kaya akan Serat

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ada beberapa pilihan jenis makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi, seperti:

- Buah-buahan: Pepaya, apel, dan pir
- Sayur-sayuran: Bayam, brokoli, dan selada
- Kacang-kacangan: Kacang tanah dan almond
- Biji-bijian: Artichoke, chia seed dan biji rami

2. Makan dengan Jadwal yang Teratur

Bagi penderita diabetes, jadwal makan harus diubah. Makan teratur bagi penderita diabetes sebaiknya tiga kali makan makanan utama dan tiga kali makan makanan ringan. Kedua jenis makanan ini juga tidak bisa dikonsumsi berbarengan, harus dijeda antara 2 sampai 3 jam.

3. Gunakan Konsep Piring Makan T

Piring makan model T memodifikasi porsi makan sehingga tubuh lebih banyak mengonsumsi sayuran dibandingkan karbohidrat, protein dan lemak. Artinya tubuh mendapat sedikit kalori tetapi merasa kenyang karena asupan serat tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)