Apple-Google Mulai Menguji Versi Awal Pelacak COVID-19

Kamis, 30 April 2020 - 13:25 WIB
loading...
Apple-Google Mulai Menguji Versi Awal Pelacak COVID-19
Foto/ilustrasi.istimewa
A A A
JAKARTA - Dua raksasa teknologi informasi, Apple dan Google, segera merilis versi awal teknologi pelacakan Corona (COVID-19) yang mereka usulkan untuk membantu menekan penyebaran virus yang menyebabkan pandemi global tersebut.

Kolaborasi langka yang dimulai sejak awal bulan ini menciptakan teknologi pelacakan kontak guna memperlambat penyebaran COVID-19 denga cara memungkinkan pengguna mendeteksi ponsel lain yang berada di sekitarnya.

Perusahaan akan memberikan versi awal API pemberitahuan paparan mereka ke sejumlah kecil pengembang yang bekerja pada aplikasi untuk organisasi kesehatan masyarakat dan mengujinya selama beberapa minggu ke depan. API diharapkan akan dirilis secara lebih luas pada pertengahan Mei.

Lewat Bluetooth akan melacak potensi paparan pada kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi. Smartphone akan merekam keadaan ketika mereka dekat dengan ponsel lain untuk jangka waktu yang lama tanpa merekam data lokasi.

Ketika seseorang didiagnosis dengan COVID-19, API akan memungkinkan lembaga kesehatan terkait untuk dengan cepat memberi tahu orang lain yang mungkin telah berhubungan dengan pasien, berdasarkan data yang tersimpan di ponsel mereka, demikian dilansir dari The Verge, Kamis (30/4/2020).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)