Rica-rica Khas Manado, Penggemar Pedas Wajib Coba

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 12:07 WIB
loading...
Rica-rica Khas Manado, Penggemar Pedas Wajib Coba
Sambal rica-rica merupakan masakan khas Manado yang memadukan pedas, aroma harum kemangi dan ikan sarden goreng. Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
Sambal rica-rica merupakan masakan khas Manado yang cocok dipadukan dengan berbagai macam protein. Seperti halnya ikan sarden. Ciri khas rasa pedas dan aroma harum kemangi dipadukan dengan ikan sarden goreng semakin menambah tekstur dan cita rasa masakan.

Masakan ini wajib dicoba oleh Anda yang gemar makanan pedas . Penasaran rasanya seperti apa? Berikut resep membuat rica-rica khas Manado seperti dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan.

Bahan-bahan:
2 kaleng Sarden
250 ml minyak goreng

Bahan bumbu rica-rica:
5 siung bawang putih
3 kemiri
8 siung bawang merah
10 buah cabai rawit
8-12 cabai merah besar
2 cm jahe
1 ruas kunyit
1 batang serai
100 ml minyak
50 ml air
15 daun kemangi
1 batang daun bawang
1 daun salam
8 daun jeruk
2 daun pandan
1 daun kunyit
½ sdt garam
¼ sdt merica
1 sdt gula
½ sdt kaldu jamur

Cara membuat:
Tiriskan ikan sarden di atas tisu, simpan kuah sarden untuk nanti. Panaskan minyak, taburi dengan sedikit tepung agar minyak tidak meledak. Masukkan ikan sarden dan goreng hingga kering lalu tiriskan. Goreng bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Masukkan ke dalam food processor lalu blender hingga halus. (Baca juga: Resep Bolu Marmer Antikempes untuk Teman Minum Kopi ).

Goreng cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, dan serai. Masukkan ke dalam food processor, blender sebentar, jangan terlalu halus. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun pandan, dan daun kunyit hingga wangi. Masukkan ikan sarden goreng, air, dan sedikit kuah sarden. Aduk rata.

Bumbui dengan garam, merica, gula, dan kaldu jamur. Masukkan daun kemangi dan daun bawang, lalu matikan api. Sarden rica-rica siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)