5 Olahraga yang Memperlambat Penuaan dan Bikin Awet Muda

Kamis, 23 November 2023 - 09:00 WIB
loading...
5 Olahraga yang Memperlambat Penuaan dan Bikin Awet Muda
Beberapa jenis olahraga bisa memperlambat penuaan dan membuat awet muda. Orang yang sering berolahraga di atas usia 40 tahun memiliki kulit lebih kenyal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis olahraga bisa memperlambat penuaan dan membuat awet muda . Dalam studi yang diterbitkan pada 2019, orang yang sering berolahraga di atas usia 40 tahun memiliki kulit yang menyerupai kulit yang lebih kenyal dan elastis pada usia 20-an dan 30-an.

Para peneliti berteori bahwa olahraga menciptakan zat tubuh yang membantu memperlambat penuaan pada kulit. Selain itu, olahraga tidak hanya membuat Anda merasa lebih muda. Aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi proses penuaan pada kromosom.

Telomeles, tutup di ujung kromosom yang mengontrol penuaan, menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia. Telome yang lebih panjang dikaitkan dengan umur panjang. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara olahraga teratur dan pemanjangan telomelan, menunjukkan bahwa olahraga dapat memperlambat jam biologis.

Olahraga yang Memperlambat Penuaan dan Bikin Awet Muda



Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa memperlambat penuaan dan membuat awet muda dilansir dari Times of India, Kamis (23/11/2023).



1. Berenang


Berenang adalah olahraga luar biasa yang tidak hanya memberikan latihan seluruh tubuh tetapi juga merupakan aktivitas berdampak rendah yang cocok untuk segala usia. Daya apung air mengurangi stres pada persendian, menjadikannya olahraga yang ideal bagi mereka yang menderita radang sendi atau nyeri sendi di usia tua atau paruh baya.

Berenang melibatkan berbagai kelompok otot, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fleksibilitas. Selain itu, sifat ritme renang mendorong pernapasan dalam, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan kesehatan pernapasan secara keseluruhan. Hal ini menjadikan berenang sebagai cara terbaik untuk menua secara perlahan dan tetap awet muda.

2. Tai Chi


Tai chi adalah latihan lembut yang dikatakan dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan perhatian. Sering disebut sebagai meditasi bergerak, tai chi melibatkan gerakan yang lambat dan disengaja serta pernapasan yang terkontrol. Ini adalah olahraga berdampak rendah yang cocok untuk orang-orang dari semua tingkat kebugaran dan usia.

Banyak penelitian juga menyatakan bahwa hal ini dapat meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, berkontribusi terhadap gaya hidup yang lebih muda dan bersemangat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)