5 Makanan Ini Bantu Perlambat Penuaan, Murah dan Mudah Didapat

Minggu, 15 Oktober 2023 - 03:32 WIB
loading...
5 Makanan Ini Bantu Perlambat Penuaan, Murah dan Mudah Didapat
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses penuaan, salah satunya adalah gaya hidup, termasuk pola makan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penuaan atau yang sering disebut dengan aging merupakan proses yang terelakkan dalam hidup. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses penuaan, salah satunya adalah gaya hidup, termasuk pola makan.

Beruntung, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk merawat kulit dan kesehatan Anda. Berikut adalah lima makanan yang tidak mahal dan dapat membantu memperlambat proses penuaan, dikutip dari laman Medical News Today, Minggu(15/10/2023).


1. Sayur Berdaun Hijau

Penelitian tahun 2018 menemukan bahwa satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat membantu memperlambat penurunan kognitif akibat penuaan. Faktanya, orang yang mengonsumsi 1–2 porsi setiap hari memiliki mental 11 tahun lebih muda dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsinya.

Beberapa contoh sayur-sayuran hijau ini antara lain bayam, selada, kubis hijau, dan sayuran hijau lain.

2. Alpukat

Sebuah studi percontohan yang menunjukkan bahwa konsumsi satu buah alpukat setiap hari selama 8 minggu dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Alpukat merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik, seperti asam oleat. Buah ini juga mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein, vitamin A, vitamin E, folat, niasin, dan vitamin B.

3. Minyak Zaitun

Penelitian pada 2019 yang melibatkan lebih dari 3.000 partisipan melaporkan bahwa minyak zaitun dapat memengaruhi berbagai tanda penuaan. Penelitian ini membandingkan efek penggunaan minyak zaitun secara eksklusif dengan efek penggunaan kombinasi minyak zaitun dan minyak lainnya dalam makanan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa penggunaan minyak zaitun secara eksklusif mempunyai kaitan dengan keberhasilan penuaan di antara orang-orang yang berusia di atas 70 tahun, termasuk mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Minyak zaitun, terutama minyak zaitun murni, kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan juga mengandung antioksidan.


4. Beras Hitam

Beras hitam mengandung antioksidan yang bermanafaat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk osteoporosis, suatu kondisi yang terkait dengan penuaan yang menyebabkan tulang menipis dan rentan patah.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2012 tentang beras hitam menguji kemampuannya dalam mendukung penuaan sel manusia dalam tabung reaksi. Beras tampaknya dapat memperpanjang umur sel, yang menunjukkan bahwa beras dapat menunda proses penuaan.

5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Mengonsumsi kacang-kacangan dalam jangka panjang diketahui dapat mendukung proses perlambatan penuaan. Data juga menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu mengurangi hilangnya jaringan otot yang terjadi akibat proses penuaan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)