Siti Fadilah Nilai Metode Wolbachia Belum Urgen untuk Cegah Demam Berdarah di Indonesia

Rabu, 22 November 2023 - 15:41 WIB
loading...
Siti Fadilah Nilai Metode Wolbachia Belum Urgen untuk Cegah Demam Berdarah di Indonesia
Mantan Menkes Siti Fadilah menilai metode Wolbachia belum dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi kasus demam berdarah. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah memiliki pandangan soal nyamuk Wolbachia yang saat ini tengah menjadi sorotan. Menurutnya, nyamuk tersebut belum dibutuhkan Indonesia untuk menekan kasus demam berdarah .

Dia menilai, program konvensional Kementerian Kesehatan dinilai jauh lebih efektif dalam menekan angka kasus demam berdarah . Program yang dimaksud adalah pembersihan jentik nyamuk dan 3M (menguras, menutup, mengubur).

"Saya acungi jempol pada program Kemenkes karena bisa mengendalikan demam berdarah dan itu tanpa nyamuk (Wolbachia)," kata Siti Fadilah dalam tayangan YouTube Siti Fadilah Supari Channel, dikutip MNC Portal, Rabu (22/11/2023).



"Jadi, kenapa kita harus memanggil nyamuk-nyamuk itu untuk mengendalikan demam berdarah? Terlebih, kasus demam berdarah di Indonesia sudah cukup terkendali dengan program Kemenkes itu," ucap dia lagi.

Siti Fadilah menjelaskan nyamuk (Wolbachia) mungkin dibutuhkan, tetapi menurutnya hal itu tidak saat ini. “Untuk mengendalikan demam berdarah? Mungkin bukan sekarang atau belum sekarang," ujar dia.

Siti Fadilah menilai, keberadaan nyamuk Wolbachia berpotensi memicu risiko kerusakan lingkungan. Bukan hanya membuat masyarakat di wilayah yang disebar nyamuk jadi tidak nyaman, tapi dapat memicu evolusi atau revolusi dari nyamuk itu sendiri.

"Seperti kasus di Sri Lanka. Setelah tiga tahun menyebar nyamuk Wolbachia, muncul nyamuk yang lebih ganas," ujar Siti Fadilah.

"Singapura juga begitu. Mereka tadinya mengikuti proyek ini, tapi ternyata justru terjadi kenaikan dua kali lipat (kasus demam berdarah). Maka pemerintah Singapura mengundurkan diri dari proyek ini," ujar dia lagi.

Siti Fadilah menjelaskan perihal cara konvensional Kemenkes mencegah demam berdarah yang dinilai lebih efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)