5 Jenis dan Manfaat Beras Organik untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Diabetes

Kamis, 23 November 2023 - 14:48 WIB
loading...
5 Jenis dan Manfaat Beras Organik untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Diabetes
Ada seabrek manfaat beras organik bagi tubuh yang bisa dirasakan secara langsung. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Ada seabrek manfaat beras organik bagi tubuh yang bisa dirasakan secara langsung. Satu di antaranya adalah ampuh mencegah diabetes.

Larisnya penjualan beras organik menyusul tren gaya hidup sehat yang booming di tengah masyarakat. Tren tersebut membuat semakin banyak orang mengonsumsi makanan-makanan organik.

Toko-toko khusus yang hanya menjual barang atau produk organik pun mulai bermunculan di mana-mana. Dan beras organik menjadi bahan makanan pokok yang paling laris di pasaran.

Beras organik adalah beras dihasilkan melalui proses organis. Biasanya ditanam di tanah yang ramah lingkungan dan menggunakan pupuk alami yang dihasilkan dari buah-buahan dan daun-daunan yang difermentasi secara alami. Tidak ada penggunaan bahan sintetis maupun kimiawi, baik pada pupuk, air maupun media tanam.

Selain merek dan cara tanamnya, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis dan warna beras organik. Sebab, setiap warna memiliki manfaat dan kandungan gizi masing-masing.


Manfaat Beras Organik

1. Beras Organik Putih

Beras organik putih dikenal memiliki nutrisi dan serat yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Keunggulan beras organik jenis ini adalah ampuh mengurangi kadar urea dalam darah, mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo

2. Beras Organik Merah

Beras organik merah adalah biji-bijian utuh yang lebih kaya nutrisi dan serat dibanding dengan beras putih. Beras merah termasuk sumber karbohidrat yang rendah kalori, tinggi serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

Beras merah menjadi andalan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sebab, beras merah memiliki kandungan glukosa yang lebih sedikit dibandingkan beras biasa.

3. Beras Organik Hitam

Beras organik hitam adalah beras berbiji dengan corak ungu tua dan rasa pedas yang agak manis. Beras gandum ini kaya akan antosianin, yang merupakan pigmen antioksidan yang memberi warna yang tidak biasa pada nasi.

Beras hitam memang belum sepopuler beras merah. Namun, manfaatnya jauh lebih banyak dibandingkan beras merah. Beras hitam memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, diabetes, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung dan baik untuk kesehatan organ dalam.

4. Beras Organik Cokelat

Beras organik cokelat merupakan beras salah satu jenis beras organik yang seluruh bagiannya memiliki warna cokelat. Beras cokelat lebih kenyal dibandingkan beras putih dan memiliki rasa seperti kacang.

Beras cokelat adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti serat, fitokimia dan mineral penting.

5. Beras Mentik Susu

Salah satu beras organik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah beras mentik susu. Beras organik ini adalah beras lokal tanpa melalui proses rekayasa genetik. Dibudidayakan secara organik tanpa menggunakan pestisida kimia yang berbahaya untuk tubuh.

Beras mentik susu memiliki kandungan nutrisi, serat dan mineral yang relatif tinggi serta terjaga. Dengan demikian, kualitas beras ini lebih baik dan lebih aman serta sehat untuk menjadi bahan konsumsi harian sobat dan keluarga.

Itulah lima jenis dan manfaat beras organik untuk kesehatan. Dapatkan berbagai jenis beras organik berkualitas di AladinMall. Nikmati pula fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)