Mengenal Penyakit Autoimun: Pengertian, Penyebab, hingga Gejala

Kamis, 23 November 2023 - 21:48 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Autoimun: Pengertian, Penyebab, hingga Gejala
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Foto/UCHealth
A A A
JAKARTA - Penyakit autoimun mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Penyakit ini tidak boleh diremehkan karena berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Secara umum, sistem kekebalan tubuh dikenali memiliki fungsi melindungi diri dari penyakit dan virus. Sistem ini bakal aktif melawan serta mencegah munculnya penyakit akibat serangan organisme asing.

Namun, lain halnya bagi pengidap penyakit autoimun. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat yang berada dalam tubuh sendiri.

Mengenal Penyakit Autoimun


1. Pengertian Penyakit Autoimun


Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan antara sel sehat dengan sel jahat yang berpotensi menyerang tubuh.



Mengutip WebMD pada Kamis (23/11/2023), para dokter telah mengidentifikasi setidaknya ada lebih dari 100 penyakit autoimun yang berbeda. Beberapa di antaranya bisa memengaruhi keadaan seluruh tubuh.

Lebih jauh, penyakit autoimun berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah menilai sel sehat dan justru menganggapnya sebagai zat asing. Sebagai dampaknya, tubuh memproduksi antibodi yang ironisnya akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh sendiri.

2. Penyebab Penyakit Autoimun


Para ahli belum bisa memastikan secara langsung penyebab penyakit autoimun. Namun, ada sejumlah hal yang diduga bisa memicu gangguan kesehatan tersebut. Berikut di antaranya:

- Faktor genetika

Sejumlah penyakit autoimun bisa diturunkan dari riwayat keluarga. Jadi, seseorang lebih berisiko terkena gangguan ini ketika mendapati ada anggota keluarganya yang pernah mengalami penyakit autoimun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)