Minum Teh Hitam Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Minggu, 26 November 2023 - 07:09 WIB
loading...
Minum Teh Hitam Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Diabetes
Minum secangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Foto/ healthifme.
A A A
JAKARTA - Penelitian baru menunjukkan bahwa minum secangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 47%. Hal itu berdasarkan penelitian yang dibagikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) di Hamburg.

Para peneliti dari Universitas Adelaide di Australia dan Universitas Tenggara di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang tidak pernah minum teh dan yang mengonsumsi teh hitam setiap hari memiliki risiko pradiabetes 53% lebih rendah dan risiko diabetes tipe 2, 47% lebih rendah.



Para peneliti menguji hubungan antara frekuensi dan jenis konsumsi teh dan ekskresi glukosa dalam urin, resistensi insulin dan status glikemik.

“Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap manajemen gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa dalam urin, peningkatan resistensi insulin dan dengan demikian kontrol gula darah yang lebih baik. Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari,” kata Profesor Tongzhi Wu, penulis utama.

Jadi, apakah minum teh hitam setiap hari merupakan cara yang efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2?

Ahli gizi Natalie Burrows terkesan dengan temuan ini. Namun, dia tidak terlalu terkejut dengan temuan ini karena daun teh kaya antioksidan

“Dan bagaimana senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan peradangan,” katanya.

“Namun, sejauh mana konsumsi teh hitam tanpa pemanis setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada seseorang sangatlah luar biasa. Hal ini sekali lagi menggambarkan betapa kuatnya alam ketika kita mengonsumsi makanan alami,” ujar dia lagi.

Burrows mengatakan daun teh telah terbukti mengandung senyawa bermanfaat yang bermanfaat bagi tubuh dalam banyak cara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)