Kemenparekraf Gelar Malam Puncak Kampanye Sadar Wisata 5.0

Senin, 27 November 2023 - 03:00 WIB
loading...
Kemenparekraf Gelar Malam Puncak Kampanye Sadar Wisata 5.0
Kemenparekraf menggelar malam puncak Kampanye Sadar Wisata 5.0. Acara ini digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan pada Minggu, 26 November 2023. Foto/Dimas Andhika Fikri
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar malam puncak Kampanye Sadar Wisata 5.0. Acara ini digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan pada Minggu, 26 November 2023.

Kampanye Sadar Wisata 5.0 dihadiri oleh perwakilan dari 65 Desa Wisata terpilih, kementerian dan lembaga terkait, perwakilan World Bank. Hadir juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno .

Sandiaga mengapresiasi kepada perwakilan setiap desa yang selama kurang lebih dua tahun telah mendukung program Kampanye Sadar Wisata 5.0.

"Hari ini, di malam puncak Kampanye Sadar Wisata 5.0 saya sangat terharu bisa melihat prestasi yang luar biasa dari desa-desa wisata kebanggan kita. Program ini tidak hanya mendorong perkembangan pariwisata daerah, tetapi kita juga bisa menemukan sosok-sosok inspiriatif," kata Sandiaga.



Sandiaga menjelaskan bahwa dia percaya desa wisata yang akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi Indonesia. Selain sukses membuka peluang usaha dan lapangan kerja, desa wisata menjadi salah satu destinasi unggulan yang mengusung konsep sustainable dan ramah lingkungan.

Konsep wisata seperti ini yang banyak diburu para wisatawan nusantara maupun mancanegara, terlebih setelah pandemi Covid-19. Menilik kesuksesan Kampanye Sadar Wisata 5.0, Sandiaga pun berpesan agar program ini terus dilanjutkan.

"Saya berharap program ini akan terus berlanjut. Tahun depan harus lebih kuat dan tangguh. Harus ditingkatkan khususnya di bidang SDM," jelasnya.

"Apalagi tadi saya sempat berbincang dengan perwakilan World Bank. Mereka tertarik untuk memberikan bantuan dana," sambungnya.



Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf Florida Pardosi mengungkapkan bahwa Kampanye Sadar Wisata merupakan program untuk membangun pola pikir masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam menciptakan iklim kondusif kegiatan pariwisata di suatu daerah.

"Dengan adanya program yang sudah berjalan sejak 2022 ini, diharapkan masyarakat bisa lebih mandiri dalam membangun desa wisata yang berkelanjutan," ungkap Florida.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)