Viral! Guru Beri Pesan Motivasi untuk Siswa tentang Nilai Hidup dan Karakter, Caranya Tuai Pujian

Senin, 27 November 2023 - 11:11 WIB
loading...
Viral! Guru Beri Pesan Motivasi untuk Siswa tentang Nilai Hidup dan Karakter, Caranya Tuai Pujian
Eris Garini sosok guru yang membagikan momen pidato upacara bendera dengan cara yang menyenangkan. Foto/TikTok @erisgarini
A A A
JAKARTA - Momen pidato guru saat upacara bendera di sekolah mungkin dirasa membosankan untuk para siswa. Mereka harus berdiri di bawah sinar matahari sambil mendengarkan guru memberi wejangan. Namun, stigma tersebut berhasil dipatahkan oleh Eris Garini.

Melalui akun TikTok @erisgarini, sang guru membagikan momen pidato upacara bendera yang menyenangkan. Dirinya terlihat menyampaikan pesan dan pembelajaran nilai kehidupan dengan media uang kertas Rp100 ribu.

Awalnya, Eris Garini bertanya pada seluruh peserta upacara tentang ketertarikan mereka terhadap uang tersebut.



“Kalau seandainya uang yang sudah ibu remas ini ibu lempar, ibu injak hingga kotor masih ada yang mau? Kenapa? Karena nilainya, karena kalian tahu nilai uang ini, walaupun sudah diremas, walaupun kotor, walaupun sudah diinjak, tetap punya nilai. Nilainya itu berharga, begitu pun dengan kita sayang,” papar Eris Garini dalam video, dikutip Senin (27/11/2023).

Eris menyampaikan, diri kita sama berharganya dengan uang. Sama-sama berharga. Untuk itu, Eris meminta siswa tak rendah diri karena diremehkan dan dijatuhkan oleh orang lain.

"Kalau nanti ada yang menghinamu, meremehkanmu, menghinamu, pada dasarnya yang dituduhkan bukan dirimu yang sesungguhnya. Karena kalian tahu nilai kalian seperti apa," ucap Eris.

Selanjutnya, Eris menyampaikan bagaimana caranya menjadi orang yang bernilai. Menurutnya, ada tiga cara.

“Nomor satu adalah pengetahuan karena dengan pengetahuanlah keterampilan sikap atau karakter kalian dapat dibentuk kalau kalian tahu, kalau kalian paham," tutur Eris.

Demi memiliki pengetahuan maksimal, Eris meminta siswa menggunakan panca indra, mulai penglihatan untuk membaca sampai indra pengecap untuk merasakan. Alat indra ini tidak hanya digunakan di rumah. Siswa bisa juga bisa menggunakan alat indra sebagai pembelajaran di luar kelas.



Selanjutnya, ada keterampilan. Eris menjelaskan jika keterampilan ada banyak macamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)