Pro Kontra Sedot Lemak, Ini Kegunaan dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan

Senin, 27 November 2023 - 14:29 WIB
loading...
Pro Kontra Sedot Lemak, Ini Kegunaan dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan
Sedot lemak merupakan salah satu metode untuk menguruskan tubuh dengan cara menghilangkan lemak pada area tertentu. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Istilah sedot lemak mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Terlepas dari statusnya yang sudah disetujui banyak dokter bedah, sedot lemak masih banyak menuai pro dan kontra.

Sedot lemak bisa diartikan sebagai metode untuk menguruskan tubuh dengan cara menghilangkan lemak pada area tertentu. Dalam dunia medis, istilah sedot lemak juga biasa dikenali sebagai lipoplasti.

Mengutip laman Medical News Today, sedot lemak menjadi operasi kosmetik paling umum di Amerika Serikat. Setiap tahun, setidaknya ada ratusan ribu operasi ini dengan kisaran biaya antara USD2000 hingga USD3500.

Berkaitan dengan metode sedot lemak, orang-orang masih terbagi antara kubu pro dan kontra. Pada sisi kontra, mereka menganggap bahwa sedot lemak memiliki banyak risiko atau dampak buruk yang bisa muncul di kemudian hari.

Pro dan Kontra Sedot Lemak


1. Kegunaan Sedot Lemak


Sedot lemak biasa dilakukan guna memperbaiki penampilan, terutama yang berkaitan dengan berat badan. Metode ini bisa menghilangkan kelebihan lemak pada bagian-bagian yang tidak diinginkan.



Metode ini biasanya disarankan bagi orang yang kesulitan menurunkan berat badan secara alami setelah melalui proses diet dan olahraga rutin bertahun-tahun. Namun, perlu diketahui bahwa metode ini bukanlah solusi penurunan berat badan atau mengobati obesitas.

Bahkan, ketika rutin melakukannya juga tidak bisa mencegah kemungkinan munculnya timbunan lemak kembali di tempat semula. Maka dari itu, solusinya tak lain adalah menjalani gaya hidup sehat. Misal, seperti menjaga pola makan hingga berolahraga rutin.

Terlepas dari kegunaan sedot lemak, Anda sangat disarankan untuk mempertimbangkannya secara matang. Pasalnya, metode ini memiliki sejumlah risiko yang dapat muncul secara tak terduga.

2. Risiko Sedot Lemak


Sebagaimana prosedur operasi lain, sedot lemak juga memiliki risiko yang bisa muncul. Mengutip Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)