7 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi, Asam Folat hingga Serat

Senin, 27 November 2023 - 18:32 WIB
loading...
7 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi, Asam Folat hingga Serat
Nutrisi ibu hamil sangat dibutuhkan semasa kehamilan. Tentunya, agar ibu dan anak yang akan dilahirkan sehat. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Nutrisi ibu hamil sangat dibutuhkan semasa kehamilan. Tentunya, agar ibu dan anak yang akan dilahirkan sehat.

Berbagai asupan seperti asam folat hingga lemak sangat dibutuhkan. Tak hanya semasa hamil, seorang ibu juga harus memenuhi kebutuhan menyusui.

Ibu yang sedang menyusui sangat memerlukan suplemen kehamilan dan menyusui , terutama pada 1000 hari pertama. Periode ini merupakan percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun.

Lantas, nutrisi apa saja yang diperlukan oleh ibu hamil? Simak uraian berikut:

Nutrisi Ibu Hamil

1. Asam Folat

Sebuah penelitian menyebut, ibu hamil memerlukan 600-800 mikrogram asam folat selama kehamilan. Asupan folat juga bisa ditemukan pada hati, telur sayuran berdaun hijau tua serta kacang-kacangan.

Asam folat juga bisa didapat dari mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil . Saat ini sudah banyak susu yang memberikan berbagai asupan terbaik untuk ibu hamil.

2. Kalsium

Asupan kalsium yang dibutuhkan Ibu hamil sekitar 1000 milligram per hari. Sumber kalsium yang baik bisa ditemukan pada susu , yoghurt, keju, ikan dan seafood yang rendah merkuri seperti udang, salmon, dan tahu, juga sayuran berdaun hijau tua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)