Ujung Kulon Jadi Geopark Nasional, Menparekraf: Meningkatkan Pariwisata Berkualitas

Senin, 27 November 2023 - 23:28 WIB
loading...
Ujung Kulon Jadi Geopark Nasional, Menparekraf: Meningkatkan Pariwisata Berkualitas
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akan menambah daya tarik karena ditetapkan sebagai Geopark. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) sebagai habitat badak bercula satu ditetapkan sebagai Geopark atau Taman Bumi yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM RI Nomor: 393.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Penetapan Taman Bumi (Geopark) Nasional Ujung Kulon pada 10 November 2023.

Berdasarkan keputusan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan hal itu akan manambah daya tarik.

“Dengan tambahan sebagai destinasi Geopark, ini akan menjadi daya tarik karena aspek geologi akan menjadi suatu hal yang ditawarkan sebagai daya tarik wisata TNUK,” ungkap Menparekraf dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Sandiaga Uno menuturkan bahwa dengan ditetapkannya sebagai Geopark, TNUK tak sebatas bisa menggaet mass tourism, tetapi juga meningkatkan quality tourism atau pariwisata berkualitas yang menghargai keberlanjutan lingkungan, kelestarian alam dan ekosistem badak yang ada di Ujung Kulon ini bisa kita pertahankan.

Berkaitan dengan hal tersebut Menparekraf menyebutkan bahwa berwisata ke TNUK akan lebih mudah dan terfasilitasi dengan adanya pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang di Provinsi Banten, yang ditargetkan rampung di akhir 2024.

Menparaekraf juga menuturkan kedepannya akan mencoba meningkatkan status Geopark TNUK agar diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Nantinya akan berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di UNESCO tentang bagaimana polanya, bagaimana strateginya, untuk ditangkatkan ke tingkat dunia,” ujar Sandiaga Uno.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)