5 Manfaat Chia Seeds Untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 28 November 2023 - 09:25 WIB
loading...
5 Manfaat Chia Seeds Untuk Kesehatan Tubuh
Chia seeds atau biji Chia mirip selasih, tapi punya manfaat besar terhadap kesehatan tubuh. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Chia Seeds atau Biji Chia merupakan superfood yang sudah dikenal. Biji-bijian yang berasal dari tanaman herbal Salvia Hispanica ini berasal dari Meksiko dan Guatemala.

Dilansir dari laman Forbes Health , Chia Seeds kaya akan serat dan antioksidan, serta asam lemak omega-3, dan protein nabati. Dua sendok makan Chia Seeds mengandung 9.7 gram serat, 4.6 gram protein, dan 6.7 gram lemak esensial tak jenuh ganda.

Nutrisi yang terkandung pada Chia Seeds bermanfaat untuk orang-orang yang ingin meningkatkan asupan serat, menyeimbangkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan rasa cepat kenyang, dan berbagai permasalahan tubuh lainnya.

Berikut 5 Manfaat Chia Seeds Untuk Kesehatan Tubuh, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Membantu menurunkan berat badan

Bukan merupakan sebuah fakta baru bahwa Chia Seeds dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dan protein yang terkandung didalamnya terbukti mampu membantu dalam penurunan berat badan.

Chia Seed yang dapat membantu mempercepat rasa kenyang menjadi pendukung adanya fakta ini. Penggunaan Chia Seeds ke dalam makanan juga harus didukung dengan makanan bernutrisi, agar diet berjalan lancar dan nutrisi tetap terpenuhi.

2. Menjaga kesehatan tulang
5 Manfaat Chia Seeds Untuk Kesehatan Tubuh

Chia Seeds mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Banyak studi yang mengatakan bahwa mendapatkan asupan kalsium, fosfor, dan magnesium yang cukup akan meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang dengan baik.

3. Menurunkan kadar gula darah

Serat, lemak, dan protein yang terkandung di dalam Chia Seeds berfungsi sebagai penyangga alami dalam pemecahan karbohidrat. Chia Seeds dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dengan cara membatasi indeks glikemik makanan yang mengandung karbohidrat.

4. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung
5 Manfaat Chia Seeds Untuk Kesehatan Tubuh

Chia Seeds yang kaya akan serat dan asam lemak omega-3 menjadi alasan mengapa Chia Seeds diyakini mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat larut yang terkandung di dalam Chia Seeds dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi secara Alami

5. Meningkatkan kesehatan usus

Terkenal akan manfaatnya yaitu membantu memelihara kesehatan pencernaan, Chia Seeds mampu meningkatkan kesehatan usus. Mengandung kombinasi dari serat larut dan tak larut, membuat Chia Seeds menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi konstipasi. Selanjutnya, serat larut dan polifenol yang terkandung dapat berfungsi sebagai prebiotik, memberi makan mikroba baik pada usus. Dengan itu menghasilkan zat yang melindungi lapisan usus, sehingga kesehatan usus dapat meningkat.

MG/MiracleTania
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)