6 Kesalahan saat Keramas, Hindari Agar Rambut Tetap Sehat!

Rabu, 29 November 2023 - 05:50 WIB
loading...
6 Kesalahan saat Keramas, Hindari Agar Rambut Tetap Sehat!
Mencuci rambut atau keramas merupakan salah satu cara untuk membersihkan kepala dari debu. Namun, orang sering kali melakukan kesalahan dalam mencuci rambut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mencuci rambut atau keramas merupakan salah satu cara untuk membersihkan kepala dari debu, polusi, dan minyak. Hal itu mudah untuk dilakukan. Namun, sebenarnya banyak orang sering kali melakukan kesalahan dalam mencuci rambut.

Terkadang seseorang tidak meluangkan cukup waktu untuk menggosok kulit kepala, terkadang tidak membilas hingga bersih, dan terkadang menggunakan kondisioner yang salah.

Terkait masalah tersebut, penata rambut profesional Bianca Hillier dan Cassandra Olivia merangkum beberapa kesalahan keramas yang harus dihindari seperti berikut ini.


1. Tidak Membasahi Rambut secara Menyeluruh

Kesalahan pertama yakni ketika tidak membasahi rambut secara menyeluruh sebelum keramas.

"Basahi rambutmu sampai bersih. Berdirilah di bawah pancuran selama satu atau dua menit dan belah rambut Anda untuk memastikan air mencapai seluruh bagian kulit kepala dan rambut Anda," kata Olivia.

Setiap helai rambut harus basah kuyup untuk mendapatkan pembersihan menyeluruh. Jika rambut Anda sangat lebat, usaplah dengan jari untuk memeriksa kembali apakah air telah mengalir dari akar hingga ujung rambut Anda.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Sampo

Orang-orang pada umumnya tidak tahu berapa banyak sampo yang harus digunakan saat mandi.

“Umumnya, orang mengatakan kepada saya bahwa mereka terus menambahkan lebih banyak sampo karena tidak mengeluarkan busa,” kata Hillier.

Sering kali, sampo bebas sulfat (alias sampo yang aman untuk warna) tidak berbusa dan dapat menipu Anda dengan berpikir bahwa sampo tersebut tidak membersihkan dengan benar. Orang akan terus menambahkan produk dengan harapan mendapatkan busa yang lebih baik.

Lalu, berapa banyak takaran sampo yang sebenarnya dibutuhkan untuk rambut?

Hillier mengatakan, untuk rambut pendek, bidiklah seukuran nikel. Untuk rambut sedang, bidik seperempatnya. Jika Anda memiliki rambut panjang, gunakan sekitar setengah ukuran dolar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2720 seconds (0.1#10.140)