9 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat dan Berkilau Alami

Rabu, 29 November 2023 - 08:48 WIB
loading...
9 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat dan Berkilau Alami
Manfaat santan kelapa tak hanya bisa diambil untuk memperlezat masakan. Nutrisi yang ada di dalamnya juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat santan kelapa tak hanya bisa diambil untuk memperlezat masakan. Nutrisi yang ada di dalamnya juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut.

Santan kelapa terbuat dari daging putih yang berada di dalam batok kelapa matang yang kemudian dicampur dengan air. Hal tersebut berbeda dengan air kelapa yang merupakan cairan yang sudah ada di dalam buah kelapa.

Umumnya santan kelapa digunakan sebagai bahan tambahan untuk minuman, kopi, sup, serta hidangan lain. Padahal lebih dari itu, kandungan nutrisi santan kelapa dapat bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Untuk kesehatan rambut, santan kelapa mampu mengembalikan kelembaban, kekuatan, serta manfaat lain yang dapat menunjang perawatan rambut. Menambahkan santan kelapa ke dalam perawatan rambut tidak hanya memulihkan rambut dan kulit kepala, namun juga dapat menutrisi serta menjaga helai rambut yang rusak agar tidak patah.


Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambut

1. Memelihara Kelembaban Rambut

Santan kelapa kaya asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembaban rambut. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

2. Pemberian Nutrisi yang Mendalam

Kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, dan zat besi dalam santan kelapa dapat memberikan nutrisi esensial untuk folikel rambut sekaligus mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Pelindung dari Panas

Santan kelapa membentuk lapisan pelindung di tiap helai rambut. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kerusakan akibat panas dari alat styling seperti hair dryer ataupun catok.

4. Antioksidan untuk Kesehatan Rambut

Kandungan antioksidan dalam santan kelapa membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak struktur rambut. Kandungan ini mampu mempertahankan kekuatan hingga kilau rambut.

5. Penyubur Rambut

Santan kelapa bisa berfungsi sebagai penyubur rambut alami. Kombinasi nutrisi dan kelembaban dapat membantu mengatasi rambut yang sudah kering serta rapuh.

6. Mengatasi Ketombe

Santan kelapa dikenal karena efek pelembabnya untuk mengkondisikan rambut dan kulit kepala. Sifat antimikroba dalam santan kelapa mampu mengatasi masalah ketombe serta melindungi kulit kepala agar tetap sehat.

7. Mengandung Asam Laurat

Kandungan asam laurat dalam santan kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Hal tersebut bermanfaat untuk melindungi kesehatan kepala hingga mencegah infeksi.


8. Memberikan Aroma Alami

Santan kelapa mampu memberikan aroma alami yang menyegarkan pada rambut. Selain itu juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan selama perawatan rambut.

9. Memberikan Kilau yang Natural

Penggunaan santan kelapa secara teratur mampu memberikan kilau alami pada rambut. Hal tersebut membuat rambut bisa terlihat sehat dan bercahaya.

Dengan berbagai manfaatnya, santan kelapa merupakan solusi alami yang bisa membantu menghasilkan rambut yang sehat dan lembut. Santan ini dapat memperbaiki rambut rusak, melembabkan rambut kusut, mencegah munculnya ketombe, hingga meningkatkan sirkulasi kulit kepala.

Anda dapat mencoba santan kelapa hanya dengan mencampurkan satu sendok teh ke dalam air, lalu menambahkannya ke sampo sebagai kondisioner tanpa bilas atau masker perawatan. Selain itu, bisa juga digunakan langsung dari toplesnya untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat hingga berkilau dalam waktu yang cepat. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4096 seconds (0.1#10.140)