Alami Radang Tenggorokan? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Jum'at, 01 Desember 2023 - 09:00 WIB
loading...
Alami Radang Tenggorokan? Hindari Makanan dan Minuman Ini
Radang tenggorokan menjadi suatu masalah kesehatan yang mengganggu. Foto/ the sun.
A A A
JAKARTA – Radang tenggorokan menjadi suatu masalah kesehatan yang mengganggu. Pasalnya, mereka yang mengalami radang tenggorokan akan kesulitan menelan atau bernapas. Tidak itu saja, radang tenggorokan juga bisa membuat demam, ruam, kelenjar bengkak atau nyeri pada bagian sendi.

Dilansir laman Healthline, Jumat (1/12/2023) adapun jenis makanan atau minuman yang harus dihindari ketika seseorang mengalami radang tenggorokan seperti kopi, soda, alkohol, makanan pedas, buah-buahan yang bersifat asam, serta makanan ringan berupa keripik kentang, dan lain-lain.



Hal itu dikarenakan apabila seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tersebut, maka itu akan memperparah kondisi radang. Untuk itu, sebaiknya konsumsi lah makanan atau minuman yang memang aman untuk penderita radang tenggorokan . Biasanya makanan itu bertekstur lunak dan mudah untuk ditelan.

Selain itu, konsumsi minuman hangat juga bisa menjadi faktor pendukung untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Lebih lanjut, makanan atau minuman yang diperbolehkan pada seseorang penderita radang tenggorokan adalah yoghurt, smoothie, sup, susu, oatmeal, sayuran yang dimasak, serta kentang tumbuk.

Akan tetapi, dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang diperbolehkan untuk penderita radang tenggorokan pun tidak menjamin hal itu akan membuat sembuh. Sebab, diperlukan cara lain juga yang bisa menunjang kesembuhan itu bisa lebih cepat yaitu dengan berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat ditambah dengan treatment tambahan yang mungkin bisa dilakukan seperti mengonsumsi obat herbal.



Tanda atau gejala yang menunjukkan kemungkinan Anda terkena radang tenggorokan yaitu ditemukannya rasa gatal pada tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, batuk, demam, suara serak, sakit kepala, sulit menelan, dan kehilangan nafsu makan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)