11 Gejala Kanker Paru yang Tak Disadari Seperti Diidap Kiki Fatmala

Jum'at, 01 Desember 2023 - 14:24 WIB
loading...
11 Gejala Kanker Paru yang Tak Disadari Seperti Diidap Kiki Fatmala
Gejala kanker paru seperti diidap Kiki Fatmala sering tidak disadari. Kanker paru adalah penyakit yang disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak terkontrol. Foto/Instagram Kiki Fatmala
A A A
JAKARTA - Gejala kanker paru seperti diidap Kiki Fatmala sering tidak disadari. Kanker paru adalah penyakit yang disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak terkontrol di paru-paru Anda.

Kanker paru merupakan jenis kanker yang dimulai di paru-paru dan menjadi penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia. Orang yang merokok memiliki risiko paling besar terkena kanker paru, namun kanker ini juga bisa terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

Risiko kanker paru meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang Anda hisap. Sel-sel akan membelah dan membuat lebih banyak salinan dirinya sebagai bagian dari fungsi normalnya.

Namun terkadang, mereka mengalami perubahan (mutasi) yang menyebabkan terus berkembang padahal seharusnya tidak. Sel-sel rusak yang membelah secara tidak terkendali menciptakan massa, atau tumor, pada jaringan yang pada akhirnya membuat organ tidak dapat bekerja dengan baik.





Sebagian besar gejala kanker paru terlihat mirip dengan penyakit lain yang tidak terlalu serius. Banyak orang tidak menunjukkan gejala sampai penyakitnya ini mencapai stadium lanjut, namun ada pula yang menunjukkan gejala pada tahap awal.

Bagi mereka yang mengalami gejala, mungkin hanya menunjukkan satu atau beberapa gejala berikut ini dilansir dari Clevel and Clilinc, Jumat (1/12/2023).

1. Batuk yang tidak kunjung hilang atau semakin parah seiring berjalannya waktu
2. Kesulitan bernapas atau sesak napas (dispnea)
3. Nyeri dada atau ketidaknyamanan
4. Mengi
5. Batuk darah (hemoptisis)
6. Suara serak
7. Kehilangan selera makan
8. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
9. Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan (kelelahan).
Sakit bahu
10. Pembengkakan di wajah, leher, lengan atau dada bagian atas (sindrom vena cava superior)
11. Pupil kecil dan kelopak mata terkulai pada salah satu mata dengan sedikit atau tanpa keringat di sisi wajah tersebut (sindrom Horner)

Tergantung di bagian mana kanker paru Anda bermula, beberapa gejala ini dapat terjadi pada tahap awal (tahap I atau II). Namun sering kali gejala tersebut tidak terjadi sampai kanker telah berkembang ke tahap selanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)