5 Cara Mengobati Diabetes Tipe 2, Penting bagi Pemula

Senin, 04 Desember 2023 - 06:20 WIB
loading...
5 Cara Mengobati Diabetes Tipe 2, Penting bagi Pemula
Bagi penderita diabetes tipe 2, kehilangan 10 persen berat badan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Foto/stylecraze.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kronis, di mana tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik. Hal ini menyebabkan kadar gula darah meningkat dan bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2 , dokter akan memberi resep satu atau lebih perawatan untuk membantu mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi.

Secara umum, Pusat Pengendalian Penyakit mendefinisikan bahwa kegemukan menjadi masalah diabetes, di mana mereka yang baru didiagnosis menderita diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan.



Jika hal tersebut terjadi, dokter akan merekomendasikan penurunan berat badan sebagai salah satu aspek dari rencana pengobatan secara keseluruhan.

Bagi banyak orang yang menderita diabetes tipe 2, kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Pada gilirannya, hal ini mengurangi kebutuhan akan obat diabetes, lapor para peneliti dalam jurnal Diabetes Care.

Penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, yang lebih umum terjadi pada penderita diabetes tipe 2 dibandingkan populasi umum.

Untuk mendorong penurunan berat badan, dokter Anda mungkin mendorong Anda untuk mengurangi kalori dari camilan dan makanan Anda. Mereka mungkin juga menyarankan Anda untuk lebih banyak berolahraga.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi penurunan berat badan. Ini juga dikenal sebagai operasi metabolik atau bariatrik. Anda pun bisa melakukan beberapa cara.

1. Perubahan pola makan

Dokter akan merekomendasikan perubahan pola makan untuk membantu mengatur kadar gula darah dan berat badan. Mengonsumsi makanan yang seimbang juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Tidak ada pendekatan universal terhadap pola makan sehat bagi penderita diabetes tipe 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)