5 Penyakit yang Akan Muncul Jika Konsumsi Kopi secara Rutin

Selasa, 05 Desember 2023 - 14:24 WIB
loading...
5 Penyakit yang Akan Muncul Jika Konsumsi Kopi secara Rutin
Ada sejumlah penyakit yang bisa muncul akibat konsumsi kopi secara rutin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah penyakit akibat konsumsi kopi secara rutin yang perlu diketahui. Meski kopi memiliki sejumlah manfaat yang telah terbukti secara ilmiah, namun mengonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Saat ini minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kadar kafein pada kopi bisa memberikan energi yang tinggi setelah dikonsumsi.

Namun, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek negatif pada kesehatan. Hal ini penting untuk diingat bahwa toleransi terhadap kafein berbeda-beda pada setiap individu.

Jika Anda merasa bahwa kopi mengganggu kesehatan Anda, konsultasikan dengan profesional medis untuk menentukan jumlah yang aman untuk dikonsumsi.

Berikut ulasan mengenai 5 penyakit yang akan muncul jika konsumsi kopi secara rutin.

Penyakit yang Akan Muncul Jika Konsumsi Kopi Rutin


1. Gangguan Tidur


Kopi mengandung kafein, stimulan yang dapat merangsang sistem saraf pusat. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa mengganggu pola tidur alami seseorang.



Orang yang sensitif terhadap kafein mungkin akan mengalami kesulitan tidur, insomnia, atau gangguan tidur lainnya setelah mengonsumsi kopi terlalu banyak.

2. Gangguan Lambung


Bagi sebagian orang, kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Ini bisa menyebabkan gejala penyakit seperti sakit maag, perut kembung, atau refluks asam lambung.

Bagi yang memiliki masalah pencernaan, terutama gastroparesis atau GERD (gastroesophageal reflux disease), konsumsi kopi berlebih dapat memperparah kondisi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)