6 Bahan yang Harus Dihindari untuk Kulit Berjerawat, Asam Stearat Bisa Menyumbat Pori-Pori

Selasa, 05 Desember 2023 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Anda dapat mengidentifikasi lanolin pada label dengan mencari bahan-bahan seperti Adeps lanae anhydrous, Aloholes lanae, Amerchol, Anhydrous lanolin, Lanolin, Wool fat, Wool gemuk, dan Lilin wol.

4. Paraben

Paraben merupakan bahan pengawet yang sering ditambahkan pada produk makeup dan perawatan kulit. Namun, ada banyak kekhawatiran seputar penggunaannya, karena penelitian menunjukkan bahwa produk tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormonal dan memiliki efek berbahaya pada kulit dan tubuh seiring berjalannya waktu. Paraben juga dapat menyebabkan kekeringan, kerapuhan, dan ruam pada kulit. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya cari produk yang bebas paraben.

Anda dapat mengidentifikasi paraben pada label dengan mencari bahan-bahan seperti Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Isopropylparaben, parahydroxybenzoate, dan Isobutylparaben.


5. Asam Stearat

Asam stearat adalah emolien umum dalam produk perawatan kulit yang membantu melembutkan dan melumasi kulit. Namun, bahan ini juga bisa berbahaya bagi kulit yang rentan berjerawat karena dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari asam stearat pada produk jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat.

Cara mencari pada label - Century 1240, cetylacetic acid, Emersol 120, Emersol 132, Emersol 150, Formula 300 dan Glycon DP.

6. Para-aminobenzoic acid (PABA)

Para-aminobenzoic acid (PABA) adalah filter UVB yang umum di banyak tabir surya. Namun dapat menembus kulit dan menimbulkan reaksi alergi atau dermatitis pada kulit sensitif. PABA bahkan telah dilarang di beberapa negara.

Jika Anda melihat PABA pada label produk Anda, sebaiknya hindari. Cara mencarinya pada label - PABA juga dikenal sebagai padimate O, OD-PABA, atau octyl dimethyl p-aminobenzoate.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)