6 Bahan yang Harus Dihindari untuk Kulit Berjerawat, Asam Stearat Bisa Menyumbat Pori-Pori

Selasa, 05 Desember 2023 - 17:51 WIB
loading...
6 Bahan yang Harus Dihindari untuk Kulit Berjerawat, Asam Stearat Bisa Menyumbat Pori-Pori
Bahan yang harus dihindari untuk kulit berjerawat cukup banyak dan kaum wanita khususnya, harus tahu untuk pencegahan. Foto/ curology.
A A A
JAKARTA - Bahan yang harus dihindari untuk kulit berjerawat cukup banyak dan kaum wanita khususnya, harus tahu ini. Tujuannya agar tidak semakin parah dan bisa melakukan pencegahan.

Mungkin kemasan yang cantik menggoda Anda untuk membeli suatu produk? Namun, betapa pun estetisnya tampilan dan indahnya botol itu, Anda tidak perlu tergoda untuk membelinya. Mengapa?

Ya, mungkin saja mengandung bahan-bahan yang tidak cocok dengan Anda atau justru dapat membahayakan kulit Anda.



Oleh karena itu, penting untuk selalu mengetahui apa yang Anda berikan pada kulit. Dilansir ndtv pada Selasa (5/12/2023), berikut beberapa bahan yang sebaiknya Anda hindari untuk kulit berjerawat .

Bahan yang harus dihindari untuk kulit berjerawat

1. Natrium Lauril Sulfat

Jika Anda termasuk orang yang menyamakan perasaan bersih dengan produk yang berbusa, penting untuk mewaspadai keberadaan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) di banyak produk perawatan kulit, termasuk sampo, pembersih wajah dan disinfektan.

Meski SLS dapat membersihkan dan mengemulsi secara efektif, SLS juga dapat menimbulkan masalah jika digunakan dalam konsentrasi tinggi atau berulang kali. Bagi individu dengan kulit yang rentan berjerawat, SLS dapat menghilangkan kelembapan, merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi, berjerawat dan memperparah jerawat.

Untuk melindungi kulit, sebaiknya pilih produk tanpa SLS atau dengan konsentrasi paling ringan.

Anda dapat mengidentifikasi SLS pada label dengan mencari bahan-bahan seperti Sodium Cocoyl Glycinate, SLSA (sodium lauryl sulfoacetate), Disodium / Sodium Cocoyl Glutamate, Decyl glucoside, dan Lauryl glucoside.

2. Minyak Mineral

Minyak mineral mungkin terdengar seperti bahan yang menghidrasi, sebenarnya minyak mineral lebih berbahaya daripada manfaatnya bagi kulit Anda. Minyak mineral memiliki ukuran molekul yang lebih besar sehingga cenderung menempel di permukaan kulit dan dapat menyumbat pori-pori sehingga bersifat komedogenik. Hal ini dapat memperburuk kulit sensitif berminyak atau rentan berjerawat, jadi sebaiknya hindari produk yang mengandung minyak mineral.

Anda dapat mengidentifikasi minyak mineral pada label dengan mencari bahan-bahan seperti Paraffinum Liquidum, Paraffin, Petrolatum, Mineral Oil, dan Cera Microcristallina.

3. Lanolin

Lanolin merupakan bahan wax yang berasal dari hewan, khususnya domba, dan sering digunakan sebagai bahan pelembab untuk mengatasi kondisi kulit kering. Namun, bahan ini juga dapat bersifat komedogenik dan membuat pori-pori tersumbat, sehingga memperburuk kulit sensitif berminyak atau rentan berjerawat. Ini juga bukan pilihan yang baik bagi orang yang alergi terhadap wol. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya hindari produk yang mengandung lanolin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)