10 Penyakit yang Sering Muncul ketika Musim Hujan, Gejala dan Cara Mencegah

Rabu, 06 Desember 2023 - 07:00 WIB
loading...
10 Penyakit yang Sering Muncul ketika Musim Hujan, Gejala dan Cara Mencegah
Penyakit yang sering muncul ketika musim hujan perlu diwaspadai. Foto/ amoryurgentcare
A A A
JAKARTA - Penyakit yang sering muncul ketika musim hujan perlu diwaspadai. Apalagi, saat ini musim hujan sudah dimulai di sejumlah wilayah Indonesia.

Dibandingkan musim lainnya, musim hujan memiliki risiko lebih tinggi terpapar virus, kuman dan penyakit lain.

Selain itu, mikroorganisme dapat tumbuh subur pada kondisi tersebut akibat meningkatnya kelembapan udara dan genangan air akibat genangan air setelah hujan. Hal pertama yang dilakukan dalam diagnosis adalah tes darah CBP yang merupakan tes standar untuk sebagian besar penyakit musim hujan.

Untuk mencegah terpapar penyakit di musim hujan, dilansir tenetdiagnostics, Anda pun perlu mengenali penyakit dan gejalanya serta penanganan pertama.


Penyakit yang sering muncul ketika musim hujan

1. Demam Berdarah

Penyakit paling umum yang dibawa oleh nyamuk macan. Gejala demam berdarah antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, dan hipersensitivitas.

Untuk mengusir nyamuk ini dari ruang kerja atau rumah Anda, gunakan obat nyamuk dan tanaman pengusir nyamuk seperti serai wangi.

Selain itu, mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh akan bermanfaat untuk menghentikan penyebab demam berdarah.

Gejala Demam Berdarah:
• Demam tinggi
• Pembengkakan kelenjar getah bening
• Ruam
• Sakit kepala
• Jumlah palet rendah
• Hipersensitivitas

Metode terbaik untuk pengobatan demam berdarah adalah dengan menjauhi gigitan nyamuk dan mendapatkan perawatan yang tepat segera setelah Anda didiagnosis. Saat tidur, tutupi dengan kelambu untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di dalam ruangan. Jika ada wabah demam berdarah di sekitar, tetaplah berada di dalam rumah.

2. Chikungunya

Demam chikungunya terutama disebarkan oleh nyamuk yang menetas di genangan air yang terdapat di AC, lemari es, tanaman, perkakas, dan pipa air. Nyamuk Aedes albopictus menularkan penyakit ini melalui gigitannya. Nyamuk ini dapat menggigit Anda baik pada siang maupun malam hari. Demam dan rasa tidak nyaman pada persendian adalah dua gejala chikungunya yang paling khas.

Gejala:
• Nyeri sendi akut
• Demam tinggi
• Kelelahan
• Menggigil
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)