Ini Waktu Terbaik Minum Kopi, Tidak Harus Pagi Hari

Kamis, 07 Desember 2023 - 09:09 WIB
loading...
Ini Waktu Terbaik Minum Kopi, Tidak Harus Pagi Hari
Waktu terbaik minum kopi tidak harus pagi hari. Kopi salah satu minuman favorit banyak orang di seluruh dunia. Ini membuat ketagihan sekaligus menyegarkan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Waktu terbaik minum kopi tidak harus pagi hari. Kopi salah satu minuman favorit banyak orang di seluruh dunia. Ini membuat ketagihan sekaligus menyegarkan dan beberapa orang minum secangkir kopi di pagi hari.

Dilansir dari Times of India, Kamis (7/12/2023) jangka waktu Anda minum kopi dapat sangat memengaruhi dampaknya terhadap fungsi tubuh. Dari energi di siang hari hingga kualitas tidur di malam hari, kadar kafein Anda menentukan semuanya.

Jika mengonsumsi kopi di malam hari atau menjelang waktu tidur, Anda membahayakan ritme sirkadian dengan membiarkan secangkir kopi mengacaukan jadwal tidur. Dengan kopi muncullah energi dan dengan energi yang tidak dimanfaatkan muncullah kegelisahan.

Jadi, jika Anda merasa agak gelisah atau tidak bisa tidur di malam hari, secangkir kopi pada jam 7 malam mungkin menjadi penyebabnya. Sementara itu, kortisol yang sering disebut sebagai hormon stres dalam tubuh, berada pada puncaknya di pagi hari.



Ini Waktu Terbaik Minum Kopi, Tidak Harus Pagi Hari

Foto/Infografis SINDOnews

Kortisol menentukan tingkat energi serta tingkat stres sepanjang hari dan berkontribusi terhadap kewaspadaan. Jika minum kopi pada saat kortisol melakukan tugas kewaspadaan bukanlah pilihan yang baik. Sebaliknya, cobalah untuk mengatur konsumsi kopi Anda sesuai dengan siklus kortisol.

Kadar kortisol paling tinggi setelah Anda bangun. Jika bangun jam 08.00, Anda bisa mengharapkan energi alami untuk memulai hari hingga jam 09.00 atau 9.30. Setelah kortisol mulai menurun dan mulai merasa lesu, seduhlah secangkir kopi untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

Dengan cara ini Anda tidak mengganggu energi alami tubuh. Sekitar tengah hari, mulai pukul 13.00-15.00, biasanya seseorang mengalami lesu setelah makan siang. Begitu energi menurun, pikiran pertama yang terlintas di benak adalah meminum secangkir es kopi segar untuk meremajakan diri.

Masalahnya adalah peningkatan kopi di siang hari berbeda dari orang ke orang. Meskipun minum kopi dalam jumlah sedang selama periode ini dapat memberikan dorongan energi tambahan, dan mencegah rasa lelah yang berat saat makan siang, lebih baik isi gelas kopi Anda hanya setengah karena pada sore hari mendekati siklus tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)