Lemak di Wajah Bikin Minder, Begini Cara Menghilangkan

Rabu, 06 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
Lemak di Wajah Bikin Minder, Begini Cara Menghilangkan
Lemak di wajah bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, bahkan minder. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
SURABAYA - Lemak di wajah bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, bahkan minder. Kondisi ini terjadi akibat bertambahnya lemak pada seluruh bagian tubuh .

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Neny Triastuti yang juga dokter spesialis kecantikan membagikan beragam cara menghilangkan lemak di wajah yang bisa dilakukan.

1. Perbanyak minum banyak air.

Minum banyak air putih merupakan cara menghilangkan lemak di wajah yang paling mudah dilakukan. Selain menghilangkan lemak di wajah, minum cukup air putih juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Meminum air putih sebelum makan dapat membuat lebih cepat kenyang dan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.


2. Olahraga kardio.

Munculnya lemak wajah sering kali disebabkan lemak tubuh yang berlebih. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan latihan kardio.

“Latihan kardio dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Supaya mendapat hasil yang maksimal, cobalah melakukan latihan kardio sekitar 20 hingga 40 menit per hari. Jenis olahraga kardio yang dianjurkan seperti, berlari, bersepeda, dan berenang,” ujar Nenydi Surabaya belum lama ini.

3. Konsumsi makanan berserat.

Mengonsumsi makanan kaya serat merupakan salah satu cara menghilangkan lemak di wajah yang cukup efektif. Serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

Serat secara alami ditemukan dalam makanan-makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Idealnya, disarankan untuk mengonsumsi 25-38 gram serat makanan per hari dari sumber-sumber makanan tersebut.

4. Batasi konsumsi alkohol.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu penumpukan lemak di wajah. Alkohol merupakan minuman yang tinggi kalori, namun rendah nutrisi. Maka dari itu, sebaiknya membatasi konsumsi alkohol agar tubuh tidak menerima asupan kalori secara berlebihan. Asupan kalori yang berlebih dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

5. Istirahat cukup.

Kurang istirahat dapat memicu penambahan berat badan. Menurut National Sleep Foundation, kadar hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan akan meningkat ketika kurang tidur. Selain itu, kebiasaan ini juga menurunkan kadar hormon leptin yang memberi tahu tubuh bahwa sudah kenyang. Tidur cukup dapat mencegah penambahan berat badan.

“Ketika berat badan turun, maka lemak tubuh, termasuk di wajah, juga akan ikut berkurang seiring berjalannya waktu,” kata Neny lagi.


6. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan.

Karbohidrat olahan seperti biskuit, keripik, dan pasta dapat menyebabkan penambahan berat badan serta penumpukan lemak. Karbohidrat olahan ini telah melewati banyak proses sehingga mengurangi kandungan nutrisi dan serat yang ada di dalamnya.

7. Jangan konsumsi garam berlebihan.

Mengonsumsi garam secara berlebihan membuat tubuh menahan lebih banyak air. Retensi air mengakibatkan pembengkakan pada tubuh, termasuk pada area wajah.

Maka dari itu, sebaiknya menghindari makanan olahan atau camilan yang banyak mengandung garam. Saat tubuh berhenti menahan cairan, tubuh dan wajah akan jadi terlihat lebih ramping.

8 Senam muka.

Rutin melakukan senam muka dapat membuat wajah menjadi terlihat lebih ramping. Selain itu, cara ini juga bisa membantu melawan penuaan serta meningkatkan kekuatan otot wajah. Beberapa senam wajah penghilang lemak yang bisa diakukan, di antaranya mendorong pipi dengan menggunakan udara dari satu sisi ke sisi yang lain, menggerak-gerakan bibir ke berbagai arah, dan menahan senyum dalam waktu tertentu.

“Penelitan menyebut, melakukan senam wajah 2 kali per hari selama 8 minggu memperkuat otot serta meningkatkan peremajaan wajah. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas senam muka dalam menghilangkan lemak di wajah,” pungkas Neny.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)