Norman Lear Legenda TV Amerika Meninggal Dunia di Usia 101 Tahun

Kamis, 07 Desember 2023 - 11:07 WIB
loading...
Norman Lear Legenda TV Amerika Meninggal Dunia di Usia 101 Tahun
Norman Lear, legenda televisi Amerika Serikat, meninggal dunia di usia 101 tahun. Foto/Reuters
A A A
LOS ANGELES - Norman Lear, legenda pertelevisian Amerika Serikat, meninggal dunia di usia 101 tahun. Lear yang dikenal sebagai sosok instrumental yang merevolusi drama komedi di negeri Paman Sam itu meninggal dunia di rumahnya di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat.

Prosesi pemakaman Norman Lear direncanakan dilangsungkan dalam wkatu dekat hanya untuk keluarga terdekat.

"Terima kasih atas segala cinta dan dukungan yang datang untuk suami terbaik, ayah, dan kakek dari keluarga Lear," tulis juru bicara Norman Lear dikutip dari Variety, Kamis (7/12/2023).



Lebih lanjut disebutkan, Norman Lear telah menjalani kehidupan yang penuh kreativitas, keuletan, dan empati. Pria kelahiran 27 Juli 1922 itu digambarkan sebagai sosok yang mencintai negaranya dan berupaya keras untuk terus melestarikan cita-cita dasar keadilan dan kesetaraan bagi semua orang.

"Mengenal dan mencintainya adalah anugerah terbesar. Kami meminta pengertian Anda saat kami berduka secara pribadi untuk merayakan manusia yang luar biasa ini,” tulis juru bicara Norman Lear lagi.

Bagi industri televisi Amerika Serikat, Norman Lear merupakan sosok yang sangat instrumental. Dia telah memantapkan dirinya sebagai penulis komedi papan atas.

Norman Lear juga pernah meraih nominasi Oscar tahun 1968 untuk skenario filmnya berjudul “Divorce American Style”. Salah satu karyanya yang paling mendapat pujian adalah “All in the Family” berkat isu-isu panas yang kerap jadi tema utama.



Norman Lear memang memiliki pandangan politik yang sangat kritis. Sangat berbeda dengan tokoh-tokoh industri perfilman dan televisi di Amerika Serikat yang lebih memilih menjauh dari politik.

Norman Lear juga dikenal sebagai pendiri kelompok advokasi People for the American Way pada tahun 1981. Semasa hidupnya Norman Lear juga telah mendapat tempat khusus di Hall of Fame Television Academy.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)