Mengenal Teknik 'Baking', Bikin Makeup Tahan Lama + Wajah Mulus!

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:14 WIB
loading...
Mengenal Teknik Baking, Bikin Makeup Tahan Lama + Wajah Mulus!
Baking merupakan teknik menggunakan bedak supaya makeup tahan lama, serta membuat kulit terlihat lebih mulus. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Teknik baking di dalam dunia kecantikan bukanlah hal baru. Ini merupakan teknik menggunakan bedak supaya makeup tahan lama, serta membuat kulit terlihat lebih mulus.

Baking merupakan teknik mendiamkan bedak pada wajah selama 3 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan setelah kamu mengaplikasikan foundation dan concealer. Suhu panas tubuh akan membantu membuat kedua produk tersebut lebih menempel di bawah bedak.

Hasilnya, antara foundation, concealer, dan bedak lebih menempel atau yang juga disebut sebagai makeup set. Hal ini menjadikan makeup tidak mudah bergeser dan membuatnya lebih tahan lama. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini!

Langkah-langkah Melakukan Teknik Baking

1. Lakukan Skin Preparation

Sebelum merias wajah, pastikan kulitmu dalam keadaan bersih, terhidrasi, dan lembab. Bersihkan wajah, gunakan toner, primer, serta aplikasikan skincare routine terlebih dahulu, sebelum kamu mulai merias wajah.

Setelah wajah siap, aplikasikan primer guna membuat makeup lebih menempel. Usahakan kamu memilih primer yang memiliki efek blur untuk membantu mengaburkan pori-pori dan menciptakan dasar yang halus untuk foundation.


2. Aplikasikan Foundation

Gunakan liquid foundation saat baking karena teksturnya menciptakan alas yang rata untuk concealer dan bedak nantinya.

Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan beauty blender untuk meratakan liquid foundation. Aplikasikan liquid foundie secukupnya di atas permukaan wajah, setelah itu ratakan ke seluruh wajah secara perlahan menggunakan beauty blender hingga mencapai coverage yang diinginkan.

3. Aplikasikan Bedak di Area Ini

Tap-tap bedak tabur di wajah menggunakan beauty blender yang lembab atau bisa dibasahi terlebih dahulu. Fokuskan bedak pada area yang butuh ‘pertahanan’ ekstra. Seperti area bawah mata yang kerap creasing, area dahi yang berminyak, atau sekitar cuping hidung yang cepat bergeser.

Terlebih, teknik baking tak hanya dapat membantu mencegah makeup bergeser, tapi juga dapat membantu menahan minyak. Satu hal yang perlu diingat, dalam pengaplikasikannya bedak ini jangan diratakan atau digeser, ya.

4. Diamkan 3-10 Menit

Ini merupakan poin terpenting dari teknik baking, yakni mendiamkannya sekitar 3-10 menit. Selama menunggu proses baking, kamu bisa menyelesaikan sisa makeup lainnya seperti riasan mata. Fyi, teknik ini dinamai baking karena tampilan bedak tabur putih menyerupai tampilan gula maupun tepung pada kue yang sedang dipanggang (baking).

5. Sapu Sisa Bedak

Sapu sisa bedak yang tersisa setelah kamu mendiamkannya. Kamu bisa menggunakan fluffy brush dan menyapu bedak ke arah luar sembari meratakan makeup yang masih terlihat kurang membaur. Jangan lupa, semprotkan setting spray setelah selesai makeup supaya riasan makin tahan lama.

Gunakan Bedak Tabur untuk Hasil Maksimal

Umumnya, teknik baking ini tidak dilakukan sehari-hari, melainkan saat seseorang ingin menghadiri acara pesta, atau pun sesi yang akan ada banyak pemotretan. Tentunya kamu menginginkan hasil maksimal, bukan?

Solusinya, kamu harus menggunakan bedak tabur, seperti SOULYU Ultra Lightweight Translucent Loose Powder.

Soulyu Ultra-Lightweight Translucent Powder adalah bedak tabur dengan partikel yang sangat ringan dan tekstur yang super lembut yang membantu menyamarkan pori-pori dan garis halus. Dapat digunakan pada semua warna kulit. Diformulasikan untuk membantu melindungi kulit dari efek blue light yang dapat menstimulasi produksi radikal bebas di dalam kulit.

Dapatkan produk ini di Shopee mumpung lagi ada diskon 10% sekaligus gratis ongkir! Buruan, promonya terbatas lho! Jangan sampai menyesal karena kehabisan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)