8 Manfaat Toner untuk Wajah, Rahasia Kulit Sehat dan Berseri

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:13 WIB
loading...
8 Manfaat Toner untuk Wajah, Rahasia Kulit Sehat dan Berseri
Manfaat toner untuk wajah dirasakan oleh banyak wanita. Skincare satu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan hingga kecantikan kulit wajah. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Manfaat toner jangan dianggap sepele. Skincare satu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan hingga kecantikan kulit wajah. Toner memberikan kontribusi signifikan guna mencapai kondisi kulit yang bercahaya dan terhidrasi. Skincare ini merupakan langkah kedua dari setiap rutinitas perawatan kulit, apapun jenis kulit Anda.

Pakar perawatan kulit menyarankan untuk mengandalkan efek menghidrasi toner pada kulit kering, tetapi hal yang sama juga berlaku untuk kulit berminyak dan sensitif. Walaupun formulasinya mungkin bisa berubah untuk jenis kulit tersebut, fungsinya tetap sama. Mereka digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit tanpa menghasilkan kekeringan.

Digunakan setelah pembersihan, toner menawarkan beberapa manfaat menakjubkan bagi kulit. Berikut ulasannya.


Manfaat Toner untuk Wajah

1. Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat utama toner ialah mengembalikan pH kulit yang mungkin terganggu setelah proses pembersihan. Pembersih wajah, terutama yang mengandung sabun, bisa membuat kulit menjadi lebih asam atau basa dari pH alaminya. Toner membantu menciptakan lingkungan yang seimbang, memungkinkan kulit berfungsi optimal dalam menjaga kesehatannya.

2. Menghidrasi dan Meningkatkan Kadar Kelembaban

Banyak toner dirancang untuk memberikan hidrasi ekstra pada kulit. Formulasinya sering kali mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau gliserin yang secara efektif menarik serta mengunci kelembaban. Hal ini menjadikan toner pilihan yang baik untuk mengatasi kulit kering serta memberikan dorongan kelembaban setelah proses pembersihan.

3. Membersihkan Sisa Kotoran dan Minyak

Tahukah Anda bahwa pembersih wajah mungkin tidak mengangkat semua sisa kotoran dan minyak pada kulit? Toner, dengan teksturnya yang ringan mampu mengakses pori-pori serta membersihkan sisa-sisa yang mungkin tertinggal. Ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat serta komedo, hingga menjaga kulit agar tetap bersih dan segar.

4. Menyegarkan dan Mencerahkan Kulit

Toner mengandung bahan-bahan seperti ekstrak buah-buahan atau bunga yang memberikan efek penyegaran pada kulit. Kandungan antioksidan dalam toner mampu melawan radikal bebas serta memberikan efek mencerahkan. Dengan diaplikasikan tones secara rutin, Anda bisa mencapai kulit yang lebih cerah dan berseri.

5. Meminimalkan Pori-Pori

Bagi banyak orang, masalah pori-pori besar menjadi perhatian utama. Toner bisa membantu menyusutkan pori-pori, memberikan tampilan kulit yang lebih halus dan rata. Kandungan bahan seperti niacinamide atau salisilat dapat membantu mengontrol produksi minyak serta mengurangi penampilan pori-pori yang membesar.

6. Menyediakan Dasar yang Optimal untuk Produk Perawatan Kulit

Menggunakan toner sebelum produk perawatan kulit lainnya, seperti serum atau pelembab, dapat membantu membuka pori-pori dan meningkatkan penyerapan bahan-bahan aktif. Hal ini menghasilkan dasar yang optimal untuk produk perawatan selanjutnya, memastikan bahwa nutrisi penting dapat diserap dengan baik oleh kulit.


7. Menenangkan dan Mengurangi Kemerahan

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap kemerahan, toner bisa menjadi pilihan yang baik. Bahan-bahan seperti aloe vera atau ekstrak chamomile yang sering ditemukan dalam toner memiliki sifat menenangkan. Mereka dapat membantu meredakan iritasi, meninggalkan kulit agar tampak lebih tenang dan merata.

8. Membantu Mengontrol Produksi Minyak

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, toner bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Beberapa toner dirancang khusus untuk jenis kulit ini, mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat yang mampu membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kilap berlebih.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, kita dapat lebih memahami pentingnya langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit harian. Dengan pemilihan toner yang sesuai dengan jenis kulit, Anda bisa mengoptimalkan hasil perawatan kulit serta mencapai kondisi kulit yang diimpikan. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)