Ini Beda Pneumonia Biasa dan Mycoplasma Pneumonia, Waspadai Batuk dan Nyeri Dada

Jum'at, 08 Desember 2023 - 02:07 WIB
loading...
Ini Beda Pneumonia Biasa dan Mycoplasma Pneumonia, Waspadai Batuk dan Nyeri Dada
Ada beberapa perbedaan pneumonia biasa dan mycoplasma pneumonia. Di antaranya batuk. Foto/ kron4
A A A
JAKARTA - Ada beberapa perbedaan dari penyakit pneumonia biasa dan mycoplasma pneumonia yang menggemparkan publik. Hal ini diungkap Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Erlina Burhan

Pada kasus pneumonia biasa, gejala utama yang ditunjukkan adalah demam tinggi. Sedangkan pada kasus mycoplasma pneumonia, demamnya tidak tinggi.



Selain itu, ada pun ciri khas lain yang ditunjukkan pada pasien yang terkena mycoplasma pneumonia, yaitu jenis batuk dan warna dahaknya.

Umumnya penyakit pneumonia memunculkan batuk berdahak dengan dahak yang berwarna. Sementara pada kasus pneumonia mycoplasma batuknya cenderung kering.

“Kemudian dahaknya pun pada pneumonia yang biasa, umumnya dahaknya berwarna kehijauan, kekuningan, bahkan bercak coklat kalau sudah parah. Tapi mycoplasma batuknya kering, kalaupun ada dahak, pasti dahaknya jernih,” jelas Prof Erlina saat diwawancarai di RSUP Persahabatan, Kamis (7/12/2023)

Pneumonia mycoplasma juga menimbulkan nyeri pada dada. Ketika dilihat dari foto rontgen akan terlihat adanya bercak atau bintil pada paru-paru pasien yang terinfeksi.

Ingin tahu lebih mendalam mengenai pneumonia mycoplasma yang telah masuk ke Indonesia dari ahlinya? Saksikan selengkapnya hanya di One On One Sindonews TV pada Jumat, 8 Desember pukul 20.30 WIB
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)