5 Tips Makeup untuk Samarkan Jerawat, Bikin Tampilan Makin Cantik

Sabtu, 09 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
5 Tips Makeup untuk Samarkan Jerawat, Bikin Tampilan Makin Cantik
Jerawat bisa membuat seseorang merasa tak pede. Anda bisa menyamarkan jerawat dengan trik makeup. Foto/ curology
A A A
JAKARTA - Jerawat bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Apalagi, wanita yang merasa insecure saat jerawat tumbuh di area wajah.

Diketahui, jerawat merupakan kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut di bawah kulit tersumbat. Biasanya, jerawat akan terlihat membesar dan kemerahan.



Tekstur pada jerawat pun sejatinya tak bisa ditutupi dengan riasan. Namun, Anda bisa menyamarkan warnanya dengan trik makeup yang bisa menutupi noda atau pun kemerahan pada jerawat.

Penasaran, seperti apa tips menyamarkan jerawat dengan riasan atau makeup? Berikut informasinya dilansie Very Well Health, Jumat (8/12/2023).

Tips Makeup untuk Samarkan Jerawat

1. Mulai dengan Wajah yang Bersih

Tips pertama ialah memulai dengan wajah yang bersih. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan minyak berlebih.

Setelah wajah bersih, oleska losion pelembab ringan untuk melembabkan kulit usai mencuci muka. Pelembam membantu mengurangi tampilan kering atau pengelupasan yang terkadang terjadi pada perawatan jerawat. Dengan begitu, make up akan lebih menempel dan bisa menyamarkan jerawat yang timbul.

2. Gunakan Base Makeup yang Ringan

Base makeup atau dasar pada riasan juga merupakan kunci untuk menyamarkan jerawat. Perlu diketahui, riasan yang semakij tebal justru akan lebih memerlihatkan tekstur wajah termasuk jerawat.

Untuk itu, gunakan base make up ringan untuk menghindari jerawat yang mengganggu dan membuatnya tampak lebih merah dan meradang.

3. Gunakan Color Corrector

Kemudian menggunakan color corrector atau concealer dengan warna hijau. Color corrector berwarna hijau ini dapat menyamarkan warna merah pada jerawat yang muncul di wajah.

Anda bisa mengoleskannya sedikit pada bagian jerawat, kemudiaj ratakan perlahan sebelum menggunakan base makeup.


4. Pakai Concealer sesuai Warna Kulit

Bila suda disamarkan dengan color corrector, Anda bisa menggunakan concealer dengan warna kulit untuk menutupi jerawat pada wajah.

Concealer dalam bentuk pot atau tube memberikan cakupan yang lebih baik dibandingkan concealer tipe stick. Jangan lupa untuk meratakannya dengan perlahan.

5. Set dengan Bedak

Satu lagi tips menyamarkan jerawat dengan riasan ialah mengunci semua base make up dengan bedak. Bedak transparan atau bedak tabur memberikan tampilan matte pada kulit.

Bedak juga membantu menyerap minyak sepanjang hari sehingga mengunci riasan Anda untuk menyamarkan jerawat pada wajah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)