Benarkah Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?

Sabtu, 09 Desember 2023 - 07:00 WIB
loading...
Benarkah Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?
Teh hijau memiliki banyak manfaat. Sebagian orang menganggap teh hijau bisa menurunkan berat badan. Foto/ .hearstapps
A A A
JAKARTA – Teh hijau memiliki banyak manfaat. Sebagian orang menganggap minum teh hijau bisa membuat mereka memiliki tubuh ideal.

Ya, sebagian orang menilai teh hijau menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Lantas, benarkan teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan?



Dokter Nadia Alaydrus menjelaskan menurut The American Journal of Clinical Nutrition, di kandungan EGCG yang dibutuhkan untuk membantu dalam proses penurunan berat badan adalah 270 mg/hari dan jumlah caffein yang dibutuhkan adalah 150 mg/hari.

“Dalam teh hijau sendiri itu tuh ada kafeinnya, jadi senyawa dari teh hijau kombinasi dari kafein dan katekin. Subtansu tersebut itu bisa mempercepat metabolisme itu selama dua jam,” ujar dr Nadia Alaydrus seperti dikutip dari akun TikTok @nadialaydrus, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan kandungan katekin bisa memicu penurunan berat badan dengan cara membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh.

“Studi riset itu juga membuktikan kalau kita minum teh hijau sebanyak dua kali sehari bisa membakar kalori ekstra yaitu 50 kalori per hari,” tuturnya.



Meski konsumsi teh hijau bisa menurunkan berat badan, namun dr Nadia mengatakan hal itu saja tidak cukup. Tentunya harus iringi dengan makan teratur dan pola hidup sehat.

“Jadi bukan cuma minum teh hijau, harus diatur juga pola makannya, seperti mengurangi karbohidrat, memperbanyak protein, dan juga olahraga. Karena kalau cuma minum teh doang pasti lama turun berat badannya,” tutur dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)