5 Gerakan Yoga Ini Mampu Redakan Sakit Asam Lambung

Senin, 11 Desember 2023 - 07:25 WIB
loading...
5 Gerakan Yoga Ini Mampu Redakan Sakit Asam Lambung
Cobalah melakukan gerakan yoga untuk meredakan asam lambung. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Asam lambung kerap dirasakan oleh banyak orang. Ketika asam lambung naik, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, perut akan menjadi mulas hingga membuat aktivitas terganggu. Untuk menghilangkan sakit asam lambung, Anda bisa mengubah gaya hidup dan pola makan. Selain itu, cobalah melakukan gerakan yoga untuk meredakan asam lambung.

Yoga merupakan pendekatan holistik yang menggabungkan gerakan fisik, pernapasan, meditasi, dan pemahaman akan keseluruhan kesehatan. Hal inilah yang akhirnya membantu mengurangi risiko asam lambung.

Dari banyaknya gerakan yoga, terangkum dari Zandu Care terkait 5 gerakan yoga untuk meredakan asam lambung. Berikut ulasannya.


1. Paschimottanasana

5 Gerakan Yoga Ini Mampu Redakan Sakit Asam Lambung

Freepik

Yoga pertama untuk meredakan refluks asam adalah Paschimottanasana atau yang disebut sebagai pose Membungkuk ke Depan. Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus memulainya dengan duduk di atas matras yoga. Kaki Anda direntangkan di depan dan tangan akan berada di samping Anda.

Sebelum Anda melangkah lebih jauh ke dalam asana ini, pastikan inti Anda dikencangkan dan cobalah fokus pada pernapasan. Anda juga harus memastikan tulang belakang Anda lurus sebelum melanjutkan lebih jauh.

Setelah berada pada posisi awal yang benar, Anda harus mulai dengan meregangkan tangan dan mencoba menyentuh jari-jari kaki.

Jika tangan Anda menyentuh kaki dengan nyaman, sekarang Anda dapat mencoba dan menyentuhkan dahi ke kaki Anda. Pose ini akan meregangkan semua otot dan membantu pencernaan akibat naiknya asam lambung. Anda dapat menahan posisi ini selama tiga menit atau selama Anda merasa nyaman.

2. Supta Baddha Konasana

5 Gerakan Yoga Ini Mampu Redakan Sakit Asam Lambung

Freepik

Gerakan yoga berikutnya untuk meredakan asam lambung adalah pose Supta Baddha Konasana atau Reclining Butterfly. Anda memulai gerakan ini dengan berbaring di matras yoga. Kaki Anda dibuat seperti duduk menyilang. Kemudian tarik tumit sedekat mungkin ke area panggul karena ini akan mengencangkan dan melatih otot perut Anda. Pastikan tangan Anda berada di samping dan telapak tangan rata di lantai. Cobalah untuk menahan posisi ini selama 2 menit.

3. Marjaryasana

5 Gerakan Yoga Ini Mampu Redakan Sakit Asam Lambung

Freepik

Pose yoga untuk meredakan penyakit asam lambung selanjutnya adalah pose Marjaryasana yang sering disebut pose Kucing/Sapi. Dalam hal ini, Anda mulai dengan berbaring dengan tangan dan lutut di atas matras yoga. Telapak tangan dan lutut Anda harus diletakkan tepat di bawah bahu dan pinggul Anda. Setelah melakukan posisi ini, fokus dan tarik napas. Lalu tarik dagu dan tulang ekor ke atas sambil mendorong perut ke lantai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)