8 Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut setelah Makan Petai

Senin, 11 Desember 2023 - 08:15 WIB
loading...
8 Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut setelah Makan Petai
Kendati enak, tetapi bau petai bisa cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Petai atau dikenal juga sebagai stink bean adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang unik dengan rasa dan aroma yang khas. Tak sedikit hidangan Indonesia menggunakan jenis kacang ini sebagai campurannya.

Kendati enak, tetapi bau petai bisa cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Tak heran jika banyak orang memilih untuk menghindari biji-bijian berwarna khas hijau satu ini.

Nah, bagi Anda pecinta petai atau pete yang tetap ingin menikmati makanan kesukaan Anda itu dan tak ingin menjadikan bau sebagai penghalang, ketahuilah beberapa tips ampuh berikut ini. Dijamin ampuh menghilangkan bau mulut setelah makan petai.


1. Minum Cukup Air Putih

Minumlah air putih dalam jumlah cukup setelah mengonsumsi petai. Air dapat membantu membersihkan sisa-sisa petai yang menempel pada gigi dan lidah, sehingga mengurangi bau tidak sedap.

2. Kunyah Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat merangsang produksi air liur, membantu membersihkan mulut, dan mengurangi bau tidak sedap.

3. Konsumsi Buah-Buahan Segar

Buah-buahan seperti apel, pir, dan semangka dapat membantu membersihkan mulut sekaligus menyegarkan napas setelah makan petai.

4. Berkumur dengan Mouthwash

Gunakan mouthwash antiseptik yang mengandung zat aktif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Berkumur setelah makan petai dapat membantu mengatasi masalah ini.

5. Sikat Gigi dan Lidah

Sikatlah gigi dan lidah secara menyeluruh setelah makan petai. Sisa-sisa petai yang menempel pada gigi dan lidah bisa menjadi sumber bau yang tidak sedap.


6. Konsumsi Produk Susu atau Yogurt

Susu atau yogurt dapat membantu mengimbangi pH mulut dan mengurangi bau tidak sedap. Pilih produk yang rendah lemak untuk hasil terbaik.

7. Hindari Makanan/Minuman Berbau Kuat

Setelah menikmati petai, hindari mengonsumsi makanan atau minuman berbau kuat seperti bawang putih dan kopi, yang dapat meningkatkan intensitas bau mulut.

8. Kunyah Daun Mint atau Peterseli

Daun mint atau peterseli memiliki sifat penyegar napas alami. Mengunyahnya setelah makan petai dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)