Buntut Iklan Zara Sindir Palestina, Akun Instagram Model Ini Diserbu Netizen

Senin, 11 Desember 2023 - 00:14 WIB
loading...
Buntut Iklan Zara Sindir Palestina, Akun Instagram Model Ini Diserbu Netizen
Akun Instagram Kristen McMenamy turut menjadi bulan-bulanan netizen. Foto/Instagram Kristen McMenamy
A A A
JAKARTA - Jagat maya sedang ramai dengan seruan boikot terhadap brand Zara. Pasalnya, produk fashion asal Spanyol itu dinilai mengejek genosida Palestina melalui iklan produk terbaru mereka.

Dalam beberapa pemotretan, produk fashion yang berdiri sejak 1975 itu menampilkan manekin berlapiskan kain putih yang tampak dibopong oleh model Kristen McMenamy. McMenamy juga tampak berdiri di sebuah kotak kayu yang terlihat mirip peti mati.

Dari pantauan, tak hanya akun resmi Zara yang banjir kecaman hingga seruan aksi boikot oleh netizen dunia. Akun Instagram sang model, McMenamy, dengan jumlah follower 189 ribu lebih juga turut menjadi bulan-bulanan netizen. Banyak yang geram dan mempertanyakan mengapa perempuan 59 tahun itu bersedia menjadi model iklan dengan konsep yang dinilai tidak ‘respectful’ tersebut.



“Mengapa Anda mau jadi model genoside untuk Zara?” tanya akun @sr*****.

“Tidak tahu malu! #freepalestine,” timpal @nai****.

“Kenapa Anda mau berpatisipasi untuk iklan yang meledek genosida di Palestina. Apakah Anda tidak punya hati??” cecar @im*** disertai tagar Boikot Zara.

“Anda tidak punya moral untuk mengiklankan ini,” kata @iv****.

“Memalukan bagi para model brand yang mendukung genosida Palestina,” timpal @ay*****.



Sebagai informasi, Kristen Mcmenamy merupakan model androgini asal Amerika Serikat. Karier modeling McMenamy dimulai sejak 1985 hingga 1998. Saat itu, ia telah bekerja untuk banyak desainer papan atas dunia dan rumah mode internasional seperti Versace, Giorgio Armani, Valentino, Todd Oldham, Christian Dior, Sonia Rykiel, Dolce & Gabbana, Jean Paul Gaultier, Gianfranco Ferre, Lanvin, Isaac Mizrahi, Yohji Yamamoto, Thierry Mugler, Comme des Garçons, Chloe, serta Moschino.

Di awal 2023, Kristen Mcmenamy sempat menjadi sorotan karena terjatuh di atas catwalk saat berjalan di peragaan busana haute couture musim semi/panas 2023 Valentino. Dia akhirnya melepas kedua sepatu dan menyelesaikan runway tanpa alas kaki. Video tersebut menjadi viral di media sosial dan kejadian tersebut diberitakan secara luas di media.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)