Reaksi Sandiaga Uno TikTok Shop Kembali Lagi: Semoga Beri Dampak Positif untuk UMKM

Senin, 11 Desember 2023 - 22:37 WIB
loading...
Reaksi Sandiaga Uno TikTok Shop Kembali Lagi: Semoga Beri Dampak Positif untuk UMKM
Sandiaga Uno merespons TikTok shop yang kembali lagi ke Indonesia setelah sempat ditutup. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - TikTok shop kembali lagi ke Indonesia awal pekan ini lewat kemitraannya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) setelah beberapa waktu lalu ditutup.

Kembalinya TikTok ini pun mendapat reaksi dan apresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Hal itu disampaikan dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).



Menparekraf berharap kembalinya TikTok shop ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) nasional.

“Kami mengapresiasi gerak cepat dari TikTok dan GoTo untuk menyesuaikan dengan regulasi pemerintah, dan kami berharap dampaknya terhadap UMKM akan positif paling tidak dari segi penyampaian hasil-hasil penjualan dari TikTok shop yang harus berhenti, karena regulasi pemerintah,” ujar Sandiaga.

Dengan adanya kesepakatan antara pihak-pihak terkait, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok Sandi menuturkan bahwa pemerintah tentunya memfasilitasi berjalannya bisnis ini.

“Kesepakatan antara TikTok dan GoTo, tentunya pemerintah memfasilitasi karena GoTo melalui Tokopedia telah memiliki lisensi e-commerce dan TikTok shop bisa beroperasi kembali di tanah air,” tutur Menparekraf Sandiaga.



Secara lebih lanjut, kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba itu adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)