Profil Kristen McMenamy, Model Zara di Iklan yang Hina Palestina

Selasa, 12 Desember 2023 - 09:30 WIB
loading...
Profil Kristen McMenamy, Model Zara di Iklan yang Hina Palestina
Kristen McMenamy menjadi sorotan usai menjadi model iklan Zara untuk koleksi terbaru mereka. Foto/Instagram Kristen McMenamy
A A A
JAKARTA - Kristen McMenamy menjadi sorotan usai menjadi model iklan Zara untuk koleksi terbaru mereka. Pasalnya, iklan tersebut dianggap menghina Palestina yang kini tengah digempur habis-habisan oleh tentara Israel.

Netizen dunia lantas beramai-ramai mengecam brand Zara. Termasuk sang model, Kristen McMenamy, yang ikut diserang warganet dan menerima banyak hujatan.

Lantas, siapakah Kristen McMenamy ini? Berikut profil singkatnya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/12/2023).


Profil Kristen Mcmenamy

Kristen McMenamy merupakan model androgini asal Amerika Serikat. Ia lahir di Easton, Pennsylvania, pada 13 Desember 1964. Itu artinya, besok ia akan genap berusia 59 tahun.

Karier modeling McMenamy dimulai sejak 1985 hingga 1998, tepatnya saat ia berusia 18 tahun. Ketika itu ia menjadi model untuk brand fashion Jil Sander. Penampilan androgininya yang unik dan mencolok membuat ibu satu anak itu kemudian menjadi sosok ikonik di atas catwalk.

Tahun 1990-an adalah periode emas dalam perjalanan karier modeling Kristen McMenamy. Di masa itu, dia menjadi "pesaing berat" banyak supermodel, salah satunya Naomi Campbell. Ketika Campbell kerap menampilkan sisi glamor, Kristen McMenamy justru menawarkan sesuatu yang tidak biasa.

Pekerjaan dan popularitas Kristen McMenamy semakin mentereng saat dia melakukan perubahan berani dengan memutihkan alisnya. Itu seakan menjadi sebuah tanda yang jelas bahwa model satu ini tidak bersedia mengikuti aturan.

Tahun 1998 Kristen McMenamy memutuskan vakum dari pekerjaannya. Dia beralasan ingin mengabdikan diri pada keluarga dan anaknya.



Selang delapan tahun kemudian, Kristen McMenamy kembali aktif di dunia model. Ia mengambil tawaran untuk menjadi model untuk brand Valentino. Sejak itu, dia pun menjadi model favorit sang desainer.

Selain Valentino, Kristen McMenamy juga pernah bekerja untuk banyak desainer papan atas dunia ataupun rumah mode internasional seperti Versace, Giorgio Armani, Todd Oldham, Christian Dior, Sonia Rykiel, Dolce & Gabbana, Jean Paul Gaultier, Gianfranco Ferre, Lanvin, Isaac Mizrahi, Yohji Yamamoto, Thierry Mugler, Comme des Garçons, Chloe, dan Moschino.

Di awal 2023, Kristen McMenamy sempat menjadi sorotan karena terjatuh di atas catwalk saat berjalan di peragaan busana haute couture musim semi/panas 2023 Valentino. Dia akhirnya melepas kedua sepatu dan menyelesaikan runway tanpa alas kaki. Video aksi McMenamy tersebut menjadi viral di media sosial dan diberitakan secara luas di media.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8035 seconds (0.1#10.140)