5 Racikan Jamu Kekinian yang Cocok Jadi Teman Santai, Ditambahkan Es Krim hingga Soda

Rabu, 13 Desember 2023 - 10:00 WIB
loading...
5 Racikan Jamu Kekinian yang Cocok Jadi Teman Santai, Ditambahkan Es Krim hingga Soda
Jamu kini bisa diracik menjadi minuman kekinian. Foto/MPI/Devi Ari Rahmadhani
A A A
JAKARTA - Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia. Pada 6 Desember lalu, jamu telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Dunia UNESCO. Hal ini tentu menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus terus melestarikan jamu.

Namun sayang, jamu jarang dilirik oleh warga lokal. Alasan pertama karena banyak yang menganggap jamu pahit. Kedua, banyak yang lebih suka singgah di kafe minuman kekinian.

Terkait hal tersebut, Jony Yuwono selaku tim risep GP Jamu dan owner Acaraki mencoba membuat kreasi minuman dari jamu yang kekinian. Dirinya mengaku pertama kali terinspirasi dari kedai kopi yang kini sangat digandrungi masyarakat Indonesia.



"Awal pemikirannya bahwa pertamanya kita mencoba membandingkan kopi dengan jamu. Jadi, kopi dulu kan digodok juga. Diminum untuk khasiatnya juga, untuk melek. Jamu digodok, diminum untuk khasiatnya," kata Jony saat ditemui dalam acara Penetapan Jamu sebagai Warisan Budaya Tak benda Dunia UNESCO di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023)

"Terus kopi berevolusi dengan berbagai teknik penyeduhan, kenapa jamu tidak? Berawal dari penasaran dan coba-coba," lanjutnya.

Dari perjalanan panjang mencoba berbagai racikan jamu, Jony berhasil menciptakan beberapa minuman kekinian seperti berikut ini.

1. Beras Kencur dan Kental Manis

Beras kencur mungkin tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Jamu beras kencur banyak disukai berbagai kalangan, dari anak-anak sampai orang dewasa. Jamu beras kencur ternyata semakin nikmat kala dicampur dengan kental manis dan gurihnya creamer. Minuman ini teras creamy.

2. Beras Kencur dan Es Krim

Jika Anda pecinta es krim, cobalah untuk mencicipi jamu beras kencur dan es krim. Jony membuat kreasi dengan menyajikan es krim yang disiram dengan ekstrak beras kencur. Perpaduan keduanya memberikan sensasi meriah di dalam mulut, ada manis, pedas, dan hangat.


3. Kunyit Asam dan Sparkling

Jamu kunyit asam tidak kalah terkenal dengan beras kencur. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang suka dengan cita rasa jamu ini. Untuk itu, Jony membuat jamu kunyit asam menjadi kekinian dengan mencampurkan sparkling water (soda).

Pertama-tama, buat terlebih dulu jamu kunyit yang dicampur dengan asam. Kemudian cairan jamu tersebut dimasukkan ke dalam gelas dan ditambahkan soda serta es batu. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat jamu ini menjadi minuman yang menyegarkan.

4. Kunyit Asam dan Es Krim

Tidak hanya jamu beras kencur yang cocok disajikan bersama es krim. Jamu kunyit asam pun tidak kalah nikmat jika disantap dengan es krim. Perpaduan rasa manis dari es krim dan asam dari jamu kunyit asam membuat Anda ketagihan untuk menyantapnya.

5. Jahe, Madu, Lemon

Minuman jamu yang menyegarkan tidak hanya bisa didapat dari sparkling water atau soda. Untuk cita rasa alami, bisa didapat dari lemon. Contohnya jamu yang terbuat dari jahe, madu, lemon, dan biji selasih. Berbagai bahan tersebut memberikan cita rasa segar dan menghangatkan untuk tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4394 seconds (0.1#10.140)