Bunda, Ini Resep Bikin Sambal Keripik Kentang Kering?

loading...
Bunda, Ini Resep Bikin Sambal Keripik Kentang Kering?
Siapa yang tidak suka Sambal Keripik Kentang Kering, apalagi bagi pecinta pedas. Selain menjadi lauk, makanan ini juga bisa menjadi cemilan yang mengasyikan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Siapa yang tidak suka Sambal Keripik Kentang Kering, apalagi bagi pecinta pedas. Makanan ini begitu menggugah selera. Tak sedikit yang memilih Sambal Keripik Kentang Kering sebacai cemilan. Padahal, disantap dengan nasi hangat saja, kudapan ini sudah terasa nikmat.

Jika Anda ingin mencoba membuatnya, Sambal Keripik Kentang Kering ini cukup mudah. Membuatnya hanya beberapa tahapan saja. Seperti dilansir @bikinmasakan, berikut tips membuatnya.⁣

Bahan-bahan:⁣⁣⁣⁣
1 kg kentang⁣⁣⁣⁣
1 sdm kapur sirih⁣⁣⁣⁣
Air secukupnya.⁣⁣⁣⁣

Catatan: Kupas kentang, iris/parut tipis (bentuk bebas ya mau bundar/stik). Cuci sampai air bilasannya bening, lalu rendam dengan air + kapur sirih, selama 1 jam. Kemudian bilas lagi sampai bersih. Tiriskan dan tabur sedikit garam. Goreng sampai kekuningan dengan api besar.⁣⁣⁣⁣ (Baca juga: Rica-rica Khas Manado, Penggemar Pedas Wajib Coba).

Bahan sambal:⁣⁣⁣⁣
6 bh Bawang putih, cincang halus⁣⁣⁣⁣
6-7 bh Cabe merah besar, diblender halus⁣⁣⁣⁣
5 lbr Daun jeruk, sobek-sobek⁣⁣⁣⁣
3 sdm Gula pasir⁣⁣⁣⁣
1/2 sdm Garam⁣⁣⁣⁣
1 sdt Cuka ⁣⁣⁣⁣
Air secukupnya ⁣⁣⁣⁣
Minyak untuk menumis⁣⁣⁣⁣



Cara membuat:
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabe halus. Tumis kembali. Beri gula, garam, merica, daun jeruk dan air. Masak sambalnya sampai matang dan tanak, kemudian tambahkan cuka. Aduk-aduk dan koreksi rasa.⁣⁣⁣⁣

Matikan api. Tunggu sambalnya agak setengah dingin baru masukkan kentang goreng dan aduk sampai bercampur rata⁣
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top