Berapa Cangkir Kopi yang Baiknya Anda Minum Sehari?

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:33 WIB
loading...
Berapa Cangkir Kopi...
Meski minum kopi tampaknya bermanfaat dan membuat Anda merasa senang saat menikmatinya, Anda tidak pernah benar-benar tahu bahwa minum kopi bisa merugikan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bagi banyak orang, kopi itu penting. Misalnya saat sibuk, banyak dari kita mungkin beralih menikmati kopi sejenak untuk mengisi ulang tubuh dan menjalani aktivitas. Namun, meski minum kopi tampaknya bermanfaat, Anda tidak pernah benar-benar tahu kapan minum kopi mulai merugikan.

Kopi , dengan beragam manfaat, pada akhirnya tidak kurang dari membuat Anda ketagihan. Tapi, itu bergantung pada bagaimana Anda meminumnya.

Kopi bisa menjadi minuman nol kalori, tetapi pada akhirnya, itu bukan nutrisi yang Anda dapatkan saat menikmatinya. Kelebihan kafein, dalam bentuk apapun dapat menyebabkan masalah, seperti insomnia, peningkatan tekanan darah, kecemasan, jantung berdebar, masalah pencernaan, kelelahan, dan yang paling penting, menyebabkan kecanduan. Karenanya, penting bagi Anda untuk membatasi kebiasaan minum kopi dan menjaganya tetap terkendali.

Lalu, berapa cangkir minum kopi dalam sehari? Seperti dilansir Times of India, kandungan kafein dapat mengkhawatirkan, secangkir kopi rata-rata dapat memiliki antara 40 miligram hingga 400 miligram kafein. (Baca juga: 4 Kalimat Berkesan Drama “It’s Okay to Not Be Okay” ).

Sangat mungkin bahwa kebanyakan dari kita, secara rata-rata mengonsumsi hingga 100 mg kafein sepanjang hari. Namun, 400 mg adalah jumlah maksimum yang secara teknis bisa dikonsumsi orang. Apapun yang lebih dari itu dapat berpotensi merusak tubuh dan itulah yang oleh para ahli disebut 'terlalu banyak'.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Americal Journal of Clinical Nutrition telah meneliti orang yang minum lebih dari enam cangkir kopi sehari hingga 22% lebih mungkin menjadi mangsa penyakit kardiovaskular dan perkembangan dibandingkan dengan mereka yang mengaku meminum satu atau dua cangkir kopi sehari.

Klaim ini tidak tergantung pada bagaimana tingkat metabolisme seseorang. 400 mg konsumsi kafein, meskipun kopi sama ditemukan dalam sekitar 10 kaleng minuman kola atau minuman bersoda atau 2 minuman energi. Pikirkan asupan kopi Anda dengan cara ini dan Anda akan menyadari bahaya minum begitu banyak kopi dalam sehari.

Dalam penelitian juga menyebut, membiasakan minum kopi lebih banyak daripada yang dianggap oke juga dapat menyebabkan gangguan saraf dan kejang.

Untuk wanita hamil, meskipun mengonsumsi segala bentuk kafein dianggap tidak boleh dilakukan, jumlah rata-rata harus lebih rendah dari 300 mg. Lebih dari 250-300 mg telah dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan keguguran, kehilangan energi, dan peningkatan detak jantung.

Apakah kopi buruk?
Tidak persis. Tidak seperti yang diyakini dan disebarkan secara luas, kopi bukanlah hal terburuk yang Anda minum. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein mengandung beberapa anti-oksidan yang kaya yang dapat mengurangi rasa sakit, menekan pembuluh darah yang meradang, membantu Anda hidup lebih lama - selama Anda mendapat porsi yang cukup setiap hari. Jadi, yang terbaik adalah Anda mengetahui apa yang terbaik untuk tubuh Anda dan mengikuti pola makan yang sesuai.

Jika Anda berusaha mengurangi meminum kopi agar tidak menjadi kebiasaan, ada banyak alternatif yang dapat memberi tubuh Anda tingkat energi yang sama, tanpa kafein. Minuman fermentasi seperti kombucha, teh hijau, air panas dengan lemon dan madu, minuman cuka sari apel atau bahkan chai dapat membantu. Jus buah, buah mentah atau hanya air yang melembabkan juga bisa sangat membantu.

Entah Anda meminumnya di pagi hari, setelah makan siang, atau ketika Anda memiliki tenggat waktu di hari-hari sibuk, minuman yang harus Anda konsumsi adalah yang mengandung nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi dan tidak menguras tubuh.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Harga Bahan Baku Naik,...
Harga Bahan Baku Naik, CW Coffee Justru Luncurkan 4 Menu Baru Seri Tunjangan Produktif
Anji Ungkap Punya Private...
Anji Ungkap Punya Private Barista, Racikan Kopi Cold Brew Blueberry Jadi Sorotan
Indonesia Coffee Expo...
Indonesia Coffee Expo 2026 Start di Surabaya, Hadirkan Surga Baru Pecinta Kopi
Cara Membuat Kopi Susu...
Cara Membuat Kopi Susu Biskuit ala Mikael Jasin, Creamy dengan Susu Mete
Kopi Spesial Terjangkau...
Kopi Spesial Terjangkau Jadi Pilihan Baru untuk Penikmat Kopi Harian
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Dari Bangkok ke Shanghai,...
Dari Bangkok ke Shanghai, KAPPI Ingatkan Dunia: Di Setiap Sudut Indonesia, Kopinya Berbeda Cerita
Surabaya Jadi Kota Pertama...
Surabaya Jadi Kota Pertama Indonesia Coffee Expo 2026, Hadirkan Pengalaman Interaktif bagi Pengunjung
Momen Prabowo Mencari...
Momen Prabowo Mencari Kopi saat Pidato di Rapat Paripurna DPR
Rekomendasi
KPK Panggil Kepala Satpol...
KPK Panggil Kepala Satpol PP Cilacap terkait Kasus Pemerasan Bupati Syamsul Aulia Rachman
Harga Pertamax Naik,...
Harga Pertamax Naik, Komisi XII Ingatkan Dampaknya terhadap Daya Beli
Prabowo Resmikan RSUD...
Prabowo Resmikan RSUD KH Muhammad Thohir Krui, Komitmen Ingin Memodernisasi RS dalam 3 Tahun
Berita Terkini
Gestur Mesra Sarwendah...
Gestur Mesra Sarwendah dan Gio saat Live Tuai Kritikan, Disebut Tak Sopan
Sunan Kalijaga Buka...
Sunan Kalijaga Buka Suara setelah Dituding Tak Profesional oleh Erin Wartia
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved