Pemerintah Siapkan Vaksin Booster Covid-19 Gratis untuk Masyarakat, Ini Sederet Manfaatnya!

Rabu, 13 Desember 2023 - 14:35 WIB
loading...
Pemerintah Siapkan Vaksin Booster Covid-19 Gratis untuk Masyarakat, Ini Sederet Manfaatnya!
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan saat ini sudah mempersiapkan vaksin booster Covid-19 secara gratis jika masyarakat ingin melakukan vaksinasi. Foto Ilustrasi/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan saat ini sudah mempersiapkan vaksin booster Covid-19 secara gratis jika masyarakat ingin melakukan vaksinasi. Hal ini mengingat adanya laporan bahwa setidaknya terjadi 40 persen peningkatan kasus Covid-19 selama sepekan terakhir.

Selain itu, perlu diketahui, vaksin booster Covid-19 memiliki sederet manfaat. Apa saja itu? Berikut di antaranya, dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, Rabu (13/12/2023).

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia akan mendorong timbulnya imun atau daya tahan tubuh.


2. Mengurangi Risiko Penularan

Tubuh seseorang yang sudah disuntikkan vaksin akan merangsang antibodi dan mengenali virus yang telah dilemahkan sehingga tubuh akan mengenali virus dan mengurangi risiko terpapar.

3. Mengurangi Dampak Berat Virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

4. Mencapai Herd Immunity

Semakin banyak individu yang melakukan vaksin maka herd immunity akan tercapai sehingga meminimalisir risiko paparan dari virus Covid-19.



Sebagai informasi, saat ini pemerintah tidak mau lagi ‘kebakaran jenggot’ sehingga sudah mempersiapkan vaksin booster Covid-19 secara gratis untuk masyarakat. Dengan memprioritaskan kelompok rentan sebagai sasaran vaksinasi, pemberian vaksin ketiga ini akan dilakukan secara massal.

Tidak hanya itu, vaksinasi Covid-19 akan terlebih dulu dilakukan pada daerah yang berpotensi memiliki penyebaran Covid-19 lebih tinggi seperti Jakarta, dibandingkan daerah lain.

Setidaknya saat ini sudah ada 40 Persen laporan peningkatan Covid-19 yang tercatat selama sepekan, dan telah dilakukan pengkajian terkait antibodi di masyarakat yang sempat dinyatakan mencapai 90 Persen. Hal ini dilakukan untuk memastikan kekebalan yang dimiliki oleh masyarakat terhadap penyakit Covid-19.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)