Catat! Ini yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa untuk Kuliah di Luar Negeri

Kamis, 14 Desember 2023 - 02:30 WIB
loading...
Catat! Ini yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa untuk Kuliah di Luar Negeri
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa untuk kuliah di luar negeri. Persiapan ini perlu dilakukan sebaik mungkin agar bisa menghadapi tantangan. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa untuk kuliah di luar negeri. Persiapan ini perlu dilakukan sebaik mungkin agar bisa menghadapi tantangan yang mungkin terjadi.

Salah satu mahasiwa Indonesia yang kuliah di Universitas Groningen, Belanda, Rajendra Gibran Alvaro Ramadhan pun membagikan beberapa tips untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Salah satunya adalah mental.

“Mungkin menyiapkan mental ya, apalagi seperti akademis dan sosial di sana (Belanda) cukup buat saya culture shock," kata Gibran dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo pada Rabu, 13 Desember 2023.

"Selain itu kalian bisa juga cicil persiapannya dari awal mungkin sejak di SMP ataupun SMA, agar dapat beasiswa atau lain sebagainya. Jadi bener-bener beneficial,” sambungnya.



Memasuki semester lima kuliahnya, Gibran juga menceritakan pengalaman pertamanya saat belajar dan tinggal di negara Belanda.

Dia mengaku mengalami culture shock dengan sistem akademis dan sosial di lingkungan tempatnya tingggal. Namun, perlahan dia mampu beradaptasi dengan baik terhadap tantangan tersebut.

Sebagai seorang mahasiswa, Gibran juga menuturkan bahwasannya tinggal di Belanda tidak menjadikannya lupa dengan Tanah Air. Bahkan, dia selalu mengikuti pemberitaan politik di Indonesia.

“Waktu SMA saya ngikutin banget, sekarang pun masih ngikutin tapi agak jarang karena lebih fokus dengan hal-hal yang dilakukan sebagai mahasiswa di Belanda, tapi ya tetap tahu perkembangan yang terjadi,” pungkasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)