Vaksin Covid-19 Berbayar Ratusan Ribu Tahun Depan, Menkes Imbau Vaksinasi Sekarang Mumpung Gratis

Minggu, 17 Desember 2023 - 09:29 WIB
loading...
Vaksin Covid-19 Berbayar Ratusan Ribu Tahun Depan, Menkes Imbau Vaksinasi Sekarang Mumpung Gratis
Kementerian Kesehatan RI mengimbau seluruh masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Guna menghindari lonjakan kasus Covid-19, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi. Pemberian vaksin ini masih gratis untuk masyarakat umum.

Kasus Covid-19 kembali meningkat di beberapa negara dunia, salah satunya Indonesia. Untuk menghindari pelonjakan kasus Covid-19 yang pesat, Kementerian Kesehatan RI mengimbau seluruh masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. Utamanya bagi para lansia berusia di atas 60 tahun dan masyarakat dalam komorbid yang sangat rentan terinfeksi Covid-19.

Menkes Budi menjelaskan, vaksin Covid-19 masih tersedia secara gratis untuk seluruh masyarakat di tiap-tiap puskesmas sampai akhir tahun 2023 ini. Menkes juga mengungkapkan bahwa tahun depan program vaksinasi Covid-19 akan terus digencarkan, utamanya pada klinik-klinik swasta yang ingin mengadakan vaksinasi sendiri.



Tak hanya itu, Menkes Budi juga menjelaskan vaksinasi Covid-19 akan tetap gratis di tahun 2024. Akan tetapi, program vaksinasi gratis tersebut hanya dikhususkan untuk masyarakat yang kurang mampu dan mengikuti program Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari BPJS.

“Kita tetap akan memberikannya gratis untuk masyarakat kurang mampu yang mengikuti program PBI dari BPJS,” kata Menkes Budi pada awak media di Djakarta Theatre, Sabtu (16/12/2023).

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak tergabung pada program PBI dari BPJS Kesehatan, maka vaksinasi Covid-19 akan berbayar mulai tahun 2024.

Menkes Budi belum memberitahukan secara pasti nominal harga per vaksin. Akan tetapi, dirinya yakin bahwa harga vaksinasi Covid-19 berkisar ratusan ribu rupiah.



“Nggak semahal vaksin HPV ya. Ratusan ribu mungkin dan itu kan 6 bulan sekali,” tuturnya.

Lebih lanjut Menkes juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan jika dalam kondisi kesehatan yang kurang baik. Selain itu, Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan siswa waktu yang ada untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 sampai 31 Desember 2023 ini.

“Pastinya mumpung masih gratis. Untuk yang vaksinnya udah 6 bulan lalu dan yang komorbid boleh vaksinasi lagi. Vaksinasi kan mengurangi derajat keparahan dan fatalitas,” pungkas Menkes Budi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)