Indonesia Bebaskan Visa 20 Negara, Ini Daftarnya

Selasa, 19 Desember 2023 - 00:39 WIB
loading...
Indonesia Bebaskan Visa 20 Negara, Ini Daftarnya
Sandiaga Uno mengusulkan 20 negara mendapatkan bebas visa untuk kunjungan ke Indonesia. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengusulkan 20 negara mendapatkan bebas visa untuk kunjungan ke Indonesia.

Sandi menegaskan, 20 negara tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan yakni dari banyaknya jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia hingga nilai transaksi selama berwisata di Tanah Air.



“Bebas visa kunjungan sangat menentukan kunjungan wisatawan di 2024. Kami konsisten bidik wisatawan berkualitas dan berkelanjutan,” ungkap Sandi dalam acara Weekly Brief with Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Sandi mengatakan usulan 20 negara yang akan diberikan bebas visa kunjungan ke Indonesia ini masih dalam tahap pembasan.

Adapun 20 negara yang diusulkan tersebut antara yaitu Australia, Amerika Serikat, Inggris, China, India, Prancis, Jerman, Qatar, Korea Selatan, Uni Ermirat Arab, Arab Saudi, Spanyol, Belanda, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, Jepang dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

“Ini masih dalam pembahasan dan pengusulan yang merupakan pengembangan dari rapat terbatas dan internal yang telah digelar oleh Bapak Presiden dan para menteri terkait minggu lalu," jelas Sandi.

Nantinya, usulan tersebut juga merupakan upaya untuk mencapai target kunjungan 12,5 juta hingga 14 juta wisatawan mancanegara di Indonesia pada 2024.

Meski begitu, usulan ini tak semata-mata hanya untuk mengejar kuantitas dari wisatawan saja. Tapi juga ingin mencipatkan destinasi wisata dengan wisatawan yang berkualitas di Indonesia.



Karenanya, 20 negara yang dipilih ini pun dianggap dapat memberikan dampak besar dan kualitas yang baik dari segi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

“Kita tidak mengejar angka tapi kita sedang melakukan transformasi menuju green tourism di mana kita membidik negara-negara yang bisa memberikan dampak ekonomi terbesar,” ungkap Sandiaga Uno .

“Wisata di Indonesia ini gak murahan, di sini ini betul-betul wisata yang berkualitas,” kata dia lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)