5 Tips Memilih Jam Tangan Biar Kamu Lebih Stylish Maksimal

Selasa, 19 Desember 2023 - 18:51 WIB
loading...
5 Tips Memilih Jam Tangan Biar Kamu Lebih Stylish Maksimal
Saat ini, jam tangan memiliki fungsi yang beragam. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ikuti 5 tips memilih jam tangan di bawah ini biar kamu bisa stylish maksimal!

Saat ini, jam tangan memiliki fungsi yang beragam. Selain dapat menjadi penunjuk waktu, jam tangan juga disebut sebagai fashion statement yang bisa meningkatkan value penggunanya, bahkan bisa menjadi aset yang kelak diwariskan ke anak cucu.

Oleh karena itu, agar tidak salah pilih, setidaknya ada 5 pertimbangan utama sebelum membeli jam tangan dengan rincian berikut ini.


Tips Memilih Jam Tangan

1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Sebelum membeli jam tangan, kamu harus tahu ukuran pergelangan tanganmu. Pergelangan tangan dengan lingkar 16-18 cm adalah ukuran standar orang Asia. Kurang dari 16 cm dianggap kecil (pergelangan tangan wanita) dan lebih dari 18 cm dianggap besar.

Pergelangan tangan 16-18 cm idealnya menggunakan jam tangan berdiameter antara 35 mm dan 43 mm. Jika lingkar pergelangan tangan kurang dari 16 cm, pilih jam tangan berdiameter di bawah 35 mm. Pergelangan tangan di atas 18 cm, ideal menggunakan jam tangan berdiameter 40 mm ke atas.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Banyak jenis jam tangan seperti dress watch untuk formal, casual & sport watch untuk daily beater serta tool watch (dive watch, pilot watch, field watch) untuk aktivitas outdoor berat atau kalangan profesional (pilot, militer, penyelam, dan lain-lain). Kamu harus tahu jam tangan yang mendukung kebutuhanmu.

3. Cermati Materialnya

Hingga saat ini, jenis jam dari rubber dan stainless steel masih laris di pasaran, sebab memiliki daya tahan bahan yang sangat baik. Tapi jangan lupa untuk memastikan jika jam tangan yang dibeli memiliki bahan yang padat dan berat, sehingga memberi kesan build quality baik.

Apabila kamu memilih jam dengan bahan stainless steel, pastikan yang menggunakan jenis 316L. Jenis steel tersebut merupakan jenis stainless steel yang umum di pasaran. Akan tetapi pada beberapa jenis jam tangan mewah menggunakan steel yang lebih baik lagi yaitu stainless steel jenis 904L.


4. Perhatikan Jenis Mesin

Ada tiga jenis mesin penggerak pada jam tangan, yaitu quartz, mekanik, dan otomatis.Jenis mesin quartz didukung daya baterai di mana akan berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristal kuarsa. Quartz merupakan jenis mesin penggerak yang umum dipakai berbagai produk jam tangan saat ini. Jam dengan mesin quartz juga awet dan relatif lebih murah.

Sedangkan mesin mekanik berbeda dengan quartz, di mana pergerakan waktu pada mesin mekanik diukur dengan mekanisme semi-driven. Di dalam mesin penggerak ini terdapat per di dalamnya yang harus disinggungkan secara periodik supaya jam selalu bergerak. Jam dengan mesin mekanik merupakan jam yang sering dijadikan koleksi oleh para kolektor jam.

Terakhir mesin penggerak otomatis, yang memiliki cara kerja hampir sama dengan jenis mekanik karena sama-sama tidak menggunakan tenaga baterai. Jam dengan mesin penggerak otomatis memanfaatkan gerak dari tangan pengguna sebagai daya geraknya.

5. Pilih Sesuai Warna Kulit

Jam tangan adalah produk fashion yang melekat pada permukaan kulit, sehingga pemilihan warna jam tangan harus diperhatikan.

Untuk kamu yang memiliki warna kulit cerah, kamu bisa menggunakan hampir semua warna jam tangan, mulai dari warna terang, seperti merah, putih, krem, atau warna pastel, hingga warna gelap sekali pun, seperti hitam dan abu-abu. Sebaliknya, bagi kamu yang memiliki warna kulit gelap, ada baiknya untuk memilih jam tangan dengan warna-warna monochrome, seperti abu-abu dan hitam.

Itulah beberapa tips memilih jam tangan yang bisa kamu lakukan. Dapatkan berbagai jam tangan berkualitas di AladinMall mumpung lagi ada harga spesial live nanti malam jam 20.00 WIB saat jeda iklan program di aplikasi RCTI+. Nggak cuma itu, kamu juga bisa dapat gratis ongkir tanpa batas (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku).
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)