5 Cara Nikmat Konsumsi Sayuran untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selasa, 19 Desember 2023 - 19:50 WIB
loading...
5 Cara Nikmat Konsumsi Sayuran untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Tak hanya kaya serat dan vitamin, sayuran begitu bagus untuk kesehatan sehingga meningkatkan imunitas. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjaga daya tahan tubuh sangat penting memasuki masa libur natal dan tahun baru ini. Apalagi, musim pancaroba juga mulai dirasakan sehingga bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Salah satu caranya ialah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga hingga mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya sayuran. Tak hanya kaya serat dan vitamin, sayuran begitu bagus untuk kesehatan sehingga meningkatkan imunitas.

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa jadi pilihan Anda sebagai program meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara yang tepat mengonsumsi sayuran ini agar menjaga imunitas tubuh.

Berikut tips menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi sayuran, seperti dikutip dari Good RX Health, Selasa (19/12/2023).


1. Dibuat Sup Sayuran

Tips pertama ialah membuat sayuran menjadi sup yang lezat dan hangat. Sup adalah cara yang tepat untuk menyajikan berbagai sayuran. Anda dapat memotong sayuran yang berbeda untuk ditambahkan ke sup berbahan dasar kaldu. Berbagai jenis sayuran seperti buncis, wortel, dan kentang bisa jadi santapan Anda saat memakan sup ini.

2. Dibuat Jus

Kemudian Anda bisa menyulap sayuran menjadi minuman menyegarkan seperti jus. Cara ini efektif untuk membuat Anda menambah daya tahan tubuh lewat sayur-sayuran. Beberapa sayur yang bisa Anda jus seperti sawi, kale, wortel, hingga tomat. Untuk memberi rasa segar, Anda bisa tambahkan nanas hingga lemon.

3. Tambahkan ke Dalam Sandwich

Bila Anda hendak mengonsumsi sandwich daging yang lezat, tak ada salahnya untuk menambahkan sayuran di dalamnya. Ini juga menjadi tips agar Anda tetap mengonsumsi sayuran meski hendak menyantap junk food.

Beberapa sayuran khas dalam sandwich antara lain selada, tomat, dan bawang bombay. Anda juga bisa lebih kreatif dengan menambahkan jamur portobello, irisan ubi jalar, dan paprika.


4. Buat Tumis Sayur

Sebagai lauk pauk, membuat tumis sayur bisa jadi ide yang tepat. Tumis bisa menjadi cara sederhana namun lezat untuk memenuhi kebutuhan sayuran harian Anda. Beberapa sayuran yang bisa Anda tumis seperti kacang polong, wortel, brokoli, hingga paprika. Anda bisa menambahkan protein di dalamnya seperti daging cincang, jamur, ataupun tahu.

5. Memanggang Sayuran

Satu lagi tips menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi sayuran ialah memanggangnya bersama protein. Ayam atau daging sapi yang dipanggang akan terasa nikmat, namun bakal lebih sehat dengan tambahan sayuran.

Memasak sayuran di atas panggangan dapat menghasilkan arang yang enak, yang meningkatkan cita rasa alaminya. Selain itu, metode ini bisa jadi lebih sehat karena tak menggunakan minyak goreng. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati sajian yang lezat tapi sehat karena selalu ada sayuran di dalamnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)