Keren! Siti Atikoh Ajak Pelaku UMKM Lamongan Naik Kelas, Begini Caranya

Rabu, 20 Desember 2023 - 21:36 WIB
loading...
Keren! Siti Atikoh Ajak Pelaku UMKM Lamongan Naik Kelas, Begini Caranya
Siti Atikoh, istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengajak pelaku UMKM di Lamongan untuk naik kelas. Foto/ MPI.
A A A
LAMONGAN - Siti Atikoh Supriyanti , istri calon presiden RI (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengajak pelaku UMKM di Lamongan untuk naik kelas. Hal ini disampaikan saat bertemu pelaku usaha kreatif dan UMKM di Lamongan, Jawa Timur, Rabu (20/12/2023).

Dalam pertemuan ini, Siti Atikoh mengingatkan para pelaku UMKM untuk memperhatikan standardisasi serta sertifikasi terkait produknya.



Untuk itu, ibunda Alam Ganjar ini sempat menyerahkan fasilitas Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal dan sertifikasi kompetensi kepada pelaku UMKM di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Diketahui, para pelaku UMKM yang hadir ini merupakan peserta pembinaan dan pengampuan Gerai UMKM Lamongan.

Atikoh mengatakan, dengan memiliki NIB, pelaku UMKM dapat mengakses berbagai fasilitas dan program pemerintah, seperti permodalan, NPWP dan pelatihan.

"NIB ini penting agar UMKM bisa naik kelas. Karena kalau ijin berusahanya sudah terdaftar nanti bisa untuk mengakses fasilitas-fasilitas dan program-program yang lain," tutur Atikoh.

Lebih lanjut, Atikoh menjelaskan bahwa sertifikasi halal penting untuk melindungi konsumen. Dengan memiliki sertifikasi halal, produk UMKM akan lebih dipercaya oleh konsumen.

"Sertifikasi halal itu juga, selain melindungi mereka sendiri, juga melindungi konsumen juga. Sehingga di fasilitasi ini Insya Allah nanti pemasarannya akan meningkat. Dan mereka juga bisa meningkatkan kualitas produk-produknya," ucap dia.



Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Husen, S.Ag., M.Pd, mengatakan, Gerai UMKM Lamongan telah melakukan pendampingan mengurus NIB, sertifikasi halal, SNI, kompetensi, PIRT, dan BPOM selama tiga bulan terakhir.

"Semuanya bersumber mandiri tidak ada cawe-cawe dari pihak manapun," ucap Husen.

Kunjungan Siti Atikoh ke UMKM yang ada di Lamongan ini merupakan salah satu agenda safari politiknya yang dilaksanakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mulai dari 17-20 Desember 2023.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)