Alasan Ria Ricis Didik Moana Jadi Sosok Mandiri, Ngaku Ingin Kuatkan Karakter sang Anak

Rabu, 20 Desember 2023 - 22:31 WIB
loading...
Alasan Ria Ricis Didik Moana Jadi Sosok Mandiri, Ngaku Ingin Kuatkan Karakter sang Anak
Ria Ricis mengajarkan putri semata wayangnya, Cut Raifa Aramoana atau akrab disapa Moana untuk mandiri. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Ria Ricis memiliki cara tersendiri untuk mendidik putri semata wayangnya, Cut Raifa Aramoana atau akrab disapa Moana.

Ria Ricis ingin sang putri tumbuh menjadi sosok yang mandiri. Sehingga, dia membiasakan agar Moana selalu melakukan apa pun sendiri selagi mampu.



Apa yang dilakukan istri Teuku Ryan itu hasil adopsi cara kedua orangtuanya yang terbilang keras dalam mendidik dan kedua kakaknya.

Dia pun ingin menerapkan kebiasaan serupa kepada putrinya. Menjadi seorang perempuan tak melulu melekat dengan citra manja.

“Saya sebenarnya dari orangtua keras. Itu lah yang sampai saat ini ia terapkan ke Moana. Kayak aku aplikasikan ke Moana bahwa seorang anak, termasuk seorang perempuan itu benar-benar harus mandiri,” ungkap Ricis di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Ria Ricis memahami bahwa terkadang gaya parentingnya kepada sang putri sering kali menjadi perbincangan netizen. Salah satunya ketika Ricis kali memilih diam saat Moana terjatuh.

“Suka banget Moana nyungsep dan itu tuh hanya ibunya yang tahu seberapa tingkat sakitnya dia. Nah itu tuh dia masih bisa survive dan bangun sendiri. Bahkan di lanjut lari sama dia gitu kan mungkin orang lihat anaknya nyungsep kok didiemin aja,” tuturnya.

Dia sengaja tak langsung membantu Moana untuk bangun, melainkan membiarkannya untuk bangun sendiri. Ricis percaya jika kebiasaan ini turut mempengaruhi pembentukan karakter Moana nantinya agar tumbuh menjadi sosok yang mandiri.



“Jadi itu alasannya kenapa saya selalu biarin Moana berdiri sama kakinya sendiri dulu biar dia bisa merasakan gimana sih rasanya jadi orang mandiri sejak dini, gimana caranya dia tahu posisi dia ini sampai mana dia bisa berusaha,” jelasnya.

Hal ini nampaknya tak berlaku bagi sang suami. Teuku Ryan ternyata berbeda memperlakukan Moana. Ria Ricis menilai suaminya itu justru kerap kali memanjakan Moana. Meski demikian, dia menilai dirinya dan Ryan justru saling melengkapi sebagai orangtua.

"Sama papanya beda. Papanya sangat memanjakan dia, jadi kita kerja samanya tokcer lah," ungkapnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)