Nikmati Liburan Nataru di Jakarta, Galeri Nasional Hadirkan Ruang Aktivitas Anak dan Keluarga

Kamis, 21 Desember 2023 - 08:15 WIB
loading...
Nikmati Liburan Nataru di Jakarta, Galeri Nasional Hadirkan Ruang Aktivitas Anak dan Keluarga
Liburan Natal dan Tahun Baru di Jakarta tetap seru. Salah satunya di Galeri Nasional yang menghadirkan ruang aktivitas anak dan keluarga. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA – Masih bingung menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di Jakarta? Tidak perlu khawatir. Pasalnya, Museum dan Cagar Budaya unit Galeri Nasional Indonesia mengadakan pameran bertajuk ‘Seni Rupa Indonesia Kini: Pascamasa.’

Kurator pameran, Rizki A. Zaelani, A. Rikrik Kusmara, Sudjud Dartanto dan Bayu Genia Krishbie memilih tema “Pascamasa” untuk merespons perkembangan terkini dari wacana kebudayaan.

Tentunya bertaut pada isu tentang ‘pasca’ yang menjelaskan masalah-masalah era kesudahan, seperti pascaindustrial, pascamodernisme, pascakebenaran dan lainnya.



Pembukaan pameran berlangsung di Plaza Gedung A Galeri Nasional Indonesia dengan penampilan spesial dari Goodnight Electric pada Rabu, 20 Desember 2023.

Pameran seni rupa ini akan menampilkan karya-karya termutakhir dari 12 peserta pameran, dari Arafura, Arkiv Vilmansa, Azizi Al Majid, Condro Priyoaji, Franziska Fennert, Irfan Hendrian, Iwan Yusuf, Meliantha Muliawan, Nesar Eesar, Nona Yoanisarah, Tomy Herseta, dan Sikukeluang.

Pemilihan ke-12 perupa ini tentu bukan tanpa alasan. Salah satunya yakni karena keragaman praktik dan latar belakang disiplin pada perupa yang menunjukkan berbagai gejala lintas disiplin sebagai wajah dari perkembangan seni rupa Indonesia terkini.

Tomy Herseta misalnya, dengan latar belakang akademis desain interior, dia berfokus pada suara dan cahaya dalam karya yang dibawanya di pameran kali ini.

Lalu, Arafura yang digawangi anak-anak muda berlatar Desain Komunikasi Visual justru mengeksplorasi motion graphic dan proyeksi cahaya.

Sementara, Arkiv Vilmansa yang menempuh pendidikan arsitektur, kemudian menekuni penciptaan karya seni rupa yang identik dengan produk mainan atau toys art.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)